Home / Berita / Sosial / BUPATI BATANG BERIKAN BANTUAN BENCANA RUMAH LONGSOR

Berita

Bupati Batang Berikan Bantuan Bencana Rumah Longsor

Batang - Bupati Batang Wihaji memberikan bantuan bencana rumah longsor milik Bawon warga Desa Purbo Rt 02 Rw 01, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Senin (6/1/2020).

Batang - Bupati Batang Wihaji memberikan bantuan bencana rumah longsor milik Bawon warga Desa Purbo Rt 02 Rw 01, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Senin (6/1/2020).

Kejadian bencana tersebut pada hari ini Minggu tanggal 5 Januari 2020 sekira pukul 17.15 WIB, yang diperkirakan kerugiannya mencapai Rp70 juta.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, bantuan untuk meringankan kerugian korban dapat bantuan dari Dinas Sosial Batang Rp2 juta, Palang Merah Indonesia Rp1 juta dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Rp10 juta, sehingga total keseluruhan Rp13 juta.

“Untuk pembangunan rumahnya akan di koordinasikan agar bisa mendapatkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni. Untuk menghindari korban bencana longsor, Masyarakat jangan membangun rumah di lokasi tebing atau tempat rawan longsor," jelasnya

Jika memang pembangunan rumah ditempat rawan longsor, harus menguatkan kontruksi pondasinya  untuk meminimalisir bencana longsor.

"semoga bencana longsor menjadi yang pertama dan terakhir di Kabupaten Batang, dalam waktu dekat juga akan mengumpulkan para Camat yang memiliki kerawanan agar sigap dan cepat dalam penanagan apabila terjdi bencana," tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat dimusim penghujan ini, agar menjaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan, giatkan kembali kerja bakti gotong royong membersihkan saluran air dan nirmalisasi sungai.

"Kita memiliki data kepastian potensi bencana dan pembekalan ketrampilan relawan, agar beberapa daerah yang berpotensi rawan bencana alam bisa mempersiapkan diri dan tahu apa yang harus dilakukan," tambahnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)