Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PERINGATI HARI BURUH, PJ BUPATI BATANG MINTA PERUSAHAAN HARUS UTAMAKAN PEKERJA LOKAL

Berita

Peringati Hari Buruh, Pj Bupati Batang Minta Perusahaan Harus Utamakan Pekerja Lokal

Batang - Dalam rangka Peringatan Hari Buruh, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Disnaker menggelar diskusi bersama antara pengusaha dengan pekerja di Aula UPTD BLK Batang, Kabupaten Batang, Rabu (1/5/2024).

Batang - Dalam rangka Peringatan Hari Buruh, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Disnaker menggelar diskusi bersama antara pengusaha dengan pekerja di Aula UPTD BLK Batang, Kabupaten Batang, Rabu (1/5/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa berkaitan Peringatan Hari Buruh sebagai Pemerintah menjadi fasilitator untuk menjembatani keduanya dalam berkomunikasi.

“Komunikasi ini penting, dalam hal ini perusahaan yang diwakili oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batang dan buruh atau pekerja, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batang jika ada masalah atau tidak bisa disampaikan dalam menjaga industrial agar tetap baik,” jelasnya.

Sehingga, jika ada komunikasi yang baik akan menghasilkan kesejahteraan masyarakat lewat buruh atau pekerja, yang itu sudah membantu Pemkab Batang dalam pembangunan di Kabupaten Batang.

Lani berpesan, ke depan menjadi kota industri bisa memberikan kesejahteraan masyarakat diantaranya meminta kepada perusahaan agar tenaga kerjanya mengambil di Kabupaten Batang.

Selain itu, adanya banyak perusahaan dapat meningkatkan ekonomi melalui banyak kegiatan seperti berdagang atau usaha lewat UMKM.

“Pemkab Batang juga terus berusaha banyaknya perusahaan di Kabupaten Batang untuk mengusulkan kenaikan UMK setiap tahunnya, tapi sesuai koridornya harus ada kesepakatan Bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Batang Rahmat Nurul Fadilah menambahkan, sepanjang tahun 2024 perusahaan dan buruh di Kabupaten Batang tidak ada masalah.

Upaya-upaya Disnaker Kabupaten Batang menjadi penghubung antara perusahaan dengan buruh atau pekerja terus dilakukan.

“Kami juga selalu melakukan peningkatan kompetensi dengan memberikan pelatihan kepada buruh atau pekerja yang bertujuan untuk selalu meningkatkan kemampuan, skill pekerjaan dan kemampuan di luar pekerjaan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)