Home / Berita / Pemberian Apresiasi/Bantuan / PERINGATI MAY DAY 2024, BPJS KETENAGAKERJAAN BATANG BAGIKAN SEMBAKO KEPADA PEKERJA

Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Batang Bagikan Sembako Kepada Pekerja

Batang - Dalam rangka Memperingati Hari Buruh tahun 2024, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang membagikan bantuan sembako kepada pekerja.

Batang - Dalam rangka Memperingati Hari Buruh tahun 2024, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang membagikan bantuan sembako kepada pekerja.

90 paket sembako yang dibagikan kepada pekerja diberbagai sektor. Acara penyerahan secara simbolis dilakukan pada acara Mayday di Aula BLK Disnaker Batang, Kabupaten Batang, Rabu (1/5/2024).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang Acep Dwi Yuniman mengatakan bahwa, kegiatan peringatan hari buruh tahun ini dilakukan dengan pembagian sembako pada pekerja.

“Untuk Hari Buruh tahun 2024, khususnya BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batang membagikan bantuan sembako kepada pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Acep menambahkan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang positif serta tambahan manfaat secara langsung diluar manfaat program kepada tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat membantu pekerja beserta keluarganya,” harapnya

Acep juga menyebutkan bahwa, BPJS Ketenagakerjaan melayani klaim Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), Jaminan Pensiun (JK) dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JHP). Untuk keikutsertaan masyarakat pekerja di Kabupaten Batang baik yang formal maupun informal sendiri yang telah mengikuti BPJS Ketenagakerjaan sampai saat ini masih rendah.

“Untuk masyarakat pekerja formal seperti pekerja badan usaha baru 37.197 orang dari asumsi sekitar 60 ribuan pekerja formal yang ada di Kabupaten Batang, sedangkan pekerja informal seperti petani, pengemudi, tukang ojek, nelayan baru 9.598 orang dari asumsi 80 ribu pekerja informal yang ada di kabupaten Batang,” jelasnya.

Ia berharap, semua unsur pemberi kerja dan pekerja sadar akan pentingnya manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menambahkan, Peringatan Hari Buruh kali ini memiliki tema yang sangat relevan, yaitu "Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten" disertai dengan tagline yang menginspirasi Mayday is “Terampil” Day.

Tema ini menekankan betapa pentingnya kerjasama dalam mengembangkan kompetensi dan keterampilan para pekerja dan buruh di Kabupaten Batang. Dalam dunia yang semakin kompleks dan kompetitif, memiliki keterampilan yang kompeten dan relevan dengan tuntutan pasar merupakan suatu keharusan.

“Bekerja dengan baik dan profesional tidak lagi menjadi pilihan, tetapi menjadi kewajiban. Oleh karena itu, para pekerja dan buruh harus mengembangkan diri mereka secara terus-menerus agar dapat menjawab tantangan yang ada di era modern ini. Mari kita semua untuk terus berusaha meningkatkan kualitas dan keterampilan kita dalam mewujudkan pekerja/buruh yang kompeten,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Jumadi/Sri Rahayu)