Home / Berita / Seni dan Budaya / LINGGAYONI BEBERKAN STRATEGI MEMBRANDING PRODUK LEWAT DIGITAL PAINTING

Berita

Linggayoni Beberkan Strategi Membranding Produk Lewat Digital Painting

Batang - Dunia bisnis di era digital makin merebak, diawali dengan keahlian membranding produk menggunakan metode digital Painting. Teknologi tersebut dinilai lebih modern, cepat dan dapat diterapkan di berbagai media produk.

Batang - Dunia bisnis di era digital makin merebak, diawali dengan keahlian membranding produk menggunakan metode digital Painting. Teknologi tersebut dinilai lebih modern, cepat dan dapat diterapkan di berbagai media produk.

Pelajar SMKN 1 Batang yang memiliki potensi dalam berbisnis, sengaja dibekali kompetensi dibidang teknik digital Painting dengan menghadirkan nara sumber Komunitas Linggayoni.

Penggagas Komunitas Linggayoni, Fairus Iqbal Muhammad mengatakan, pelatihan ini dikhususkan ke media digital yang menuntut kepiawaian siswa mengoperasikan sejumlah perangkat lunak, untuk membantu dalam mentransfer gambar ke tablet, gawai maupun komputer.

“Tapi buat tingkat pemula diawali secara manual dulu, baru dilanjutkan secara digital,” katanya, saat membimbing pelatihan digital Painting, di Aula SMKN 1 Batang, Kabupaten Batang, Jumat (27/10/2023).

Dari hasil pengamatan, ada sejumlah pelajar yang potensial menekuni digital Painting.

“Yang penting mereka berani mengeksplor diri, mempromokan karyanya dan jika konsisten kreasinya pasti diminati konsumen mancanegara,” jelasnya.

Pria yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo ini, sejak 2016 secara intens menekuni dunia ilustrasi digital, dengan pangsa pasar dari kancah domestik hingga mancanegara. Hasil karyanya diminati para musisi internasional dari Jerman, Prancis dan Afrika Selatan untuk mengkover albumnya ke berbagai media.

Salah satu pelajar, Sonia sengaja mengikuti pelatihan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dalam seni ilustrasi secara digital yang bermuara pada dunia bisnis art commission (pembuatan karya).

“Saya ingin membantu konsumen untuk dibuatkan ilustrasi produk dan lainnya, melalui kemampuan digital Painting,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator P5, SMK N 1 Batang, Ike Yulistia menyampaikan, usai pelatihan dalam waktu dekat karya mereka akan dipamerkan dalam pameran gelar karya P5, dalam bentuk poster.

“Manfaatnya di dunia bisnis bisa meningkatkan kreativitas mereka, terutama dalam mendesain berbagai produk distro, sehingga lebih menarik konsumen,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)