Home / Berita / Sosial / PERINGATI HGN, PELAJAR GALANG DANA BAGI KORBAN GEMPA CIANJUR

Berita

Peringati HGN, Pelajar Galang Dana Bagi Korban Gempa Cianjur

Batang Hari Guru Nasional (HGN) tahun ini, diperingati oleh seluruh guru dan pelajar SMAN 2 Batang dengan menggalang dana bagi korban gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Penggalangan dana dilakukan usai upacara yang diikuti seluruh warga sekolah.

Batang Hari Guru Nasional (HGN) tahun ini, diperingati oleh seluruh guru dan pelajar SMAN 2 Batang dengan menggalang dana bagi korban gempa bumi Cianjur Jawa Barat. Penggalangan dana dilakukan usai upacara yang diikuti seluruh warga sekolah.

Penggalangan dana diawali dengan doa bersama yang ditujukan bagi para korban gempa Cianjur yang telah meninggal dunia maupun yang belum ditemukan. Rencananya hasil dari donasi tersebut akan dikirimkan kepada korban gempa bumi Cianjur, melalui PMI Batang.

Kepala SMAN 2 Batang Sugeng menyampaikan, seluruh guru dan pelajar ingin meringankan beban korban gempa Cianjur, melalui penggalangan dana yang digelar bersamaan dengan perayaan HGN dan HUT PGRI Ke-77.

“Mungkin nominalnya tidak seberapa, namun ini bisa membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah,” katanya, usai penggalangan dana di halaman SMAN 2 Batang, Kabupaten Batang, Jumat (25/11/2022).

Pendistribusian akan dilakukan pada kanal-kanal resmi yakni PMI Batang.

“Penggalangan dana ini juga bagian dari pendidikan karakter. Anak-anak bisa memahami bahwa mereka yang sedang tertimpa musibah juga saudara kita, maka nilai empati itulah yang harus ditanamkan, begitu ada yang tertimpa musibah harus dibantu,” jelasnya.

Bantuan atau pertolongan sekecil apa pun yang diberikan, merupakan wujud dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Ketua OSIS SMAN 2 Batang Ayu Arina Lestari mengatakan, seluruh keluarga SMAN 2 Batang merasa prihatin dengan peristiwa gempa bumi yang menimpa warga Cianjur. Rasa empati ditujukan khususnya kepada para pelajar yang terhambat dalam kegiatan belajar mengajarnya karena tertimpa musibah.

“Apalagi kalau sekolahnya roboh, pasti rasanya sangat sedih. Lewat penggalangan dana ini semoga bisa sedikit membantu teman-teman di Cianjur, yang akan disalurkan melalui Disdikbud atau langsung ke PMI,” terangnya.

Ia juga memotivasi agar para pelajar di Cianjur tetap bersemangat.

“Dalam kehidupan pasti banyak cobaan. Tapi tetaplah bersemangat, terus belajar dan dibalik semua ini pasti ada hikmahnya,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)