Home / Berita / Pemerintahan / TINGKATKAN TARAF EKONOMI MASYARAKAT, PSDKU UNDIP BATANG GELAR PAMERAN P3M

Berita

Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat, PSDKU UNDIP Batang Gelar Pameran P3M

Batang - Dalam rangka upaya meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, kampus Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Diponegoro (PSDKU UNDIP) Batang melalui Pameran Program Pengembangan Masyarakat (P3M) menggalakan pembuatan produk unggulan desa tumbrep namanya "Guaren".

Batang - Dalam rangka upaya meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,  kampus Program Studi Diluar Kampus Utama Universitas Diponegoro (PSDKU UNDIP) Batang melalui Pameran Program Pengembangan Masyarakat (P3M)  menggalakan pembuatan produk unggulan desa tumbrep namanya "Guaren".

Produk diresmikan langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Ari Yudianto bersama jajaran UNDIP Semarang.

“Iya, PSDKU UNDIP Kabupaten Batang mengadakan pameran ini yang sebetulnya monitoring dan evaluasi setelah kegiatan P3M selesai oleh 6 Dosen disini berbeda dari yang lainnya,” kata Ketua Pelaksana Pameran P3M Ropinov Saputro saat ditemui usai acara di PSDKU UNDIP Kabupaten Batang, Kamis (24/11/2022).

Program pengabdian masyarakat kampus PSDKU UNDIP Kabupaten Batang bertujuan menggencarkan program kolaborasi dan inklusif membangun negeri.

“Programnya sendiri ada tiga yang pertama ada Guaren produk unggulan Dari Desa Tumbrep. Kita mengangkat ini karena banyak pohon aren yang memang tidak terkelola disini. Maka kami dan Kepala Desa Tumbrep menghendaki adanya produk ini untuk dipasarkan,” terangnya.

Selanjutnya ada pemberian angkringan dalam rangka meningkatkan kewirausahaan karangtaruna sekitar kampus. Kemudian, ada juga pelatihan mengenai branding melalui media sosial yang dilakukan secara kombinasi oleh dosen-dosen yang lainnya.

“Potensi ini yang kami dorong untuk meningkatkan kemampuan intelektual, sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Sebelumnya masyarakat Desa Tumbrep mempunyai kendala bagaimana cara menjual gula aren padahal di wilayah ini banyak pohon aren,” ungkapnya.

Semoga adanya program P3M ini masyarakat sekitar bisa mendapatkan manfaat dari PSDKU UNDIP Kabupaten Batang.

“Jika masyarakat sekitar ada permintaan kegiatan yang positif untuk menunjang perekonomian bilang saja ke PSDKU UNDIP Kabupaten Batang pasti kita bantu,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Sekda Batang Ari Yudianto mengatakan, adanya pameran dan peresmian produk unggulan Desa Tumbrep bisa memberikan manfaat langsung yang bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar kampus.

“Dalam peresmian ini, ada upaya PSDKU UNDIP Batang bisa membantu perlindungan hukum atas produk unggulan yang akan dipasarkan ke seluruh daerah agar masyarakat siap menjadi pelaku usaha menengah dan kecil,” ujar dia.

Tujuannya agar ada proteksi hasil produknya yang terjual bebas dipasaran agar tidak ada pihak lain yang mengklaim.

“Semoga PSDKU UNDIP Batang terus mendorong dan memotivasi mengelola potensi masyarakat sekitar untuk menciptakan perekonomian yang lebih baik,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Andre/Jumadi)