Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG INGIN KEGIATAN PRAMUKA TETAP WAJIB DILAKUKAN DISETIAP SEKOLAH

Berita

Pj Bupati Batang Ingin Kegiatan Pramuka Tetap Wajib Dilakukan Disetiap Sekolah

Batang - Kwarcab Pramuka Kabupaten Batang menggelar apel Pesta Siaga Pramuka di halaman Disnaker Batang, Kabupaten Batang, Kamis (25/4/2024).

Batang - Kwarcab Pramuka Kabupaten Batang menggelar apel Pesta Siaga Pramuka di halaman Disnaker Batang, Kabupaten Batang, Kamis (25/4/2024).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki didampingi Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Batang, Retno Dwi Irianto.

Lani mengatakan, kegiatan hari ini gelar apel pesta siaga pramuka yang nanti juara pertama dan kedua akan dikirim pada tingkat Provinsi.

“Pesta siaga pramuka ini dilakukan memang setiap tahun untuk mengetahui potensi yang dimiliki anak-anak melalui kegiatan pramuka,” jelasnya.

Ia berpesan, sangat pentingnya pendidikan pramuka untuk anak-anak yang di dalamnya ada unsur kerjasama, saling tolong menolong, saling membantu, dan bertukar informasi.

“Hal itu menjadikan kegiatan pramuka manfaatnya sangat besar sekali untuk perkembangan mental dan disiplin anak,” tegasnya.

Adanya wacana pramuka tidak menjadi kegiatan wajib di sekolah. Tetapi, saya ingin pramuka di Kabupaten Batang wajib dilakukan setiap sekolah pada semua tingkatan karena memang manfaatnya sangat besar.

“Pendidikan pramuka bisa diberikan sejak kecil kepada anak-anak, jiwa kebersamaan akan terbawa sampai besar. Sehingga kelak tidak akan menjadi orang yang egois,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Batang Retno Dwi Irianto menyampaikan, pada pesta siaga pramuka ini ada 40 regu yang ikut serta masing-masing dari Kwartir ranting.

“Pesta siaga pramuka tahun ini ada 5 kegiatan, yakni membangun karakter, membangun cinta lingkungan, menjalin komunikasi, membangun iman, dan paling penting seni serta olahraga,” terangnya.

Ia juga menyebutkan bahwa, Pramuka ada untuk membangun karakter anak-anak kita yang suatu saat akan menggantikan generasi yang sekarang ini, disamping mereka menjalankan pendidikan formal. (MC Batang, Jateng/Roza/Siska)