Home / Berita / Teknologi / BLK BATANG GELAR UJI KOMPETENSI KEJURUAN MENJAHIT DAN KOMPUTER

Berita

BLK Batang Gelar Uji Kompetensi Kejuruan Menjahit dan Komputer

Batang - Berkembangnya perusahaan di Kabupaten Batang pasti berdampak pada kebutuhan tenaga kerja semakin meningkat. Untuk dapat bekerja pada suatu perusahaan pastinya memerlukan kemampuan skill yang dibutuhkan.

Batang - Berkembangnya perusahaan di Kabupaten Batang  berdampak pada kebutuhan tenaga kerja yang semakin meningkat. Untuk dapat bekerja pada suatu perusahaan pastinya memerlukan kemampuan skill yang dibutuhkan.

Dalam perekrutan tenaga kerja pada perusahaan tidak hanya melihat kepribadian dan pendidikan akhirnya saja, tetapi juga melihat potensi lainnya seperti mempunyai Sertifikasi Profesi yang membuat nilai tambah bagi pencari kerja.

Dalam pelatihan yang diadakan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Batang para peserta wajib mengikuti ujian kompetensi untuk mendapatkan Sertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang tingkatnya nasional agar bisa menjamin kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

“Para peserta pelatihan melakukan ujian kompetensi sebagai bukti kemampuan sudah kompeten untuk menerima Sertifikasi BNSP, jadi apa saja yang sudah dilatihkan selama ini baik pelatihan  menjahit, komputer hasil keberhasilannya akan dilihat memenuhi syarat atau tidak melalui ujian kompetensi,” kata Bagian Mutu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang Tofan saat ditemui usai memantau ujian kompetensi di BLK Kabupaten Batang, Jumat (1/7/2022).

Jika para peserta ada yang belum memenuhi standar persyaratan dalam ujian kompetensi tidak akan mendapatkan sertifikasi BNSP. Nantinya dapat mengikuti kembali jika ada pelatihan lagi atau secara mandiri.

Ia menjelaskan, proses pengujiannya tidak seperti ujian pendidikan  hanya menguji kurikulum yang sudah didapatkan para peserta pelatihan dari instruktur mereka pada saat pelatihan. Sarana prasarananya pun harus yang layak seperti pelatihan komputer minimal harus tersedia 8 unit komputer yang digunakan peserta pelatihan.

“Keuntungan bagi para peserta pelatihan yang berhasil mendapatkan Sertifikasi BNSP sangat banyak yakni pertama sebagai bukti kemampuan mereka dan kedua Sertifikasi sudah diakui secara nasional jadi yang mereka lakukan ujian hari ini di BLK Kabupaten Batang sama pengeluaran Sertifikasinya yang di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, saat ini sudah terintegrasi dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh industri hal ini sebagai nilai tambah untuk kita mencari pekerjaan di perusahaan.

“Dalam dunia kerja, kompetensi harus selalu dipertahankan agar tidak hilang. Jadi, bukan hanya sekedar pernah kompeten pada bidang tertentu saja, namun kemudian tidak dimanfaatkan kembali dan menjadi hilang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala UPTD BLK Kabupaten Batang Elisyatun Muslimah menambahkan, bahwa pentingnya Sertifikasi BNSP untuk didapatkan para peserta pelatihan kerja sebagai lisensi kemampuan yang diakui secara nasional.

“Jenis sertifikasi ini bersifat sangat spesifik. Kompetensi akan dinilai berdasarkan bidang spesifik dan juga industri yang spesifik,” tuturnya.

Dalam suatu perusahaan, ada banyak sekali sertifikasi profesi, salah satunya adalah sertifikat profesi akuntan. Mereka yang sudah mengantongi sertifikasi ini harus mempunyai kemampuan pencatatan keuangan dan membuat laporan keuangan yang baik.

“Pada BLK Kabupaten Batang sendiri peserta yang lulus mengikuti ujian kompetensi dan mendapatkan Sertifikasi BNSP sangat baik. Pada tahun lalu  kelulusan mencapai 95% dari 33 jumlah peserta dengan dua pelatihan yaitu menjahit dan komputer,” ujar dia.

Diharapkan, kedepan masyarakat bisa tahu manfaatnya ikut program pelatihan kerja di BLK Kabupaten Batang guna mendapatkan Sertifikasi BNSP untuk sebagai nilai tambah pada saat kita mencari kerja. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)