Home / Berita / Pemerintahan / PJ BUPATI BATANG: IBADAH HAJI, MODAL FISIK HARUS KUAT

Berita

Pj Bupati Batang: Ibadah Haji, Modal Fisik Harus Kuat

Batang - Setelah menanti dua tahun, akibat Pandemi Covid-19, akhirnya 145 Calon haji (calhaj) dari kloter 33 bisa berangkat Tanah Suci pada pukul 06.00 WIB menuju Asrama Haji Donohudan Solo.

Batang - Setelah menanti dua tahun, akibat Pandemi Covid-19, akhirnya 145 Calon haji (calhaj) dari kloter 33 bisa berangkat Tanah Suci pada pukul 06.00 WIB menuju Asrama Haji Donohudan Solo.

Sedangkan 243 Calhaj dari kloter 34 rencananya akan diberangkatkan pada Minggu pukul 3.00 WIB.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengingatkan, agar para Calhaj selalu menjaga kondisi kesehatan saat berada di Tanah Suci, meskipun telah divaksin lengkap.

“Dalam menjalankan ibadah haji, modal utama adalah fisik harus sehat, sehingga bisa mengikuti rangkaian ibadah haji dengan sempurna, mulai dari rukun, wajib hingga sunah haji,” katanya, usai memberangkatkan 145 Calhaj, di halaman Pendopo Kabupaten Batang, Sabtu (25/6/2022).

Ia juga meminta, seluruh Calhaj ikut mendoakan agar seluruh masyarakat Batang dikaruniai kesehatan, semakin meningkat kesejahteraannya serta dijauhkan dari segala wabah dan musibah.

“Sebenarnya yang penting niat dari awal itu ibadah lillahi ta’ala, ini semua karena panggilan dari Allah untuk beribadah Insyaallah dimudahkan dalam segala urusan kita. Kalaupun ada kendala kecil  itu wajar tapi tidak masalah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto memastikan, seluruh Calhaj yang diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan negatif Covid-19.

“Jaga ketahanan fisik dan protokol kesehatan. Semua Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) sudah disiagakan untuk membantu memberikan pengobatan bagi Calhaj apabila mengalami keluhan kesehatan,” ungkapnya.

Salah satu Calhaj Linasihati (65), mengungkapkan kebahagiaannya karena setelah dua tahun tertunda, akhirnya berkesempatan beribadah ke dua kota suci yakni Mekah Al Mukaromah dan Madinah Al Munawaroh.

“Senang sekali saya bisa ke Tanah Suci. Persiapannya ya setiap pagi rutin berolahraga lari keliling lapangan dan senam,” ujar dia.

Ia juga berdoa ketika sampai ke Tanah Suci agar diberikan kesehatan, supaya bisa beribadah serta bisa meningkatkan iman dan takwa kepada Allah.

“Di sana yang penting perasaan kita senang, serahkan semuanya kepada Allah karena niatnya ibadah,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)