Home / Berita / Sosial / PMI BATANG SALURKAN SEMBAKO DAN UANG TUNAI RP10 JUTA UNTUK BANGUN RUMAH

Berita

PMI Batang Salurkan Sembako dan Uang Tunai Rp10 Juta Untuk Bangun Rumah

Batang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menyalurkan bantuan kepada warga yang rumahnya terkena musibah kebakaran.

Batang - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menyalurkan bantuan kepada warga yang rumahnya terkena musibah kebakaran.

Bantuan tersebut berupa paket sembako dan uang tunai sebesar Rp10 juta. Bantuan diterima langsung oleh korban, Radum (62) warga Desa Selopajang Barat RT 03/RW 01, Kecamatan Blado, Sabtu (2/4/2022).

Ketua PMI Kabupaten Batang Akhmad Taufiq mengatakan, bantuan uang Rp10 juta kita berikan secara tunai. Semoga uang ini bisa untuk membangun kembali rumahnya yang terbakar ludes pada Jumat (1/4/2022) kemarin. 

“Bantuan yang diberikan berupa paket sambako dan uang tunai itu merupakan uang dari masyarakat yang dikumpulkam melalui penggalangan bulan dana PMI,” jelasnya.

Rumah korban kebakaran mulai hari ini kita bangun kembali dengan melibatkan relawan PMI bersama warga desa, Banser NU, anggota Koramil dan Polsek Blado.

“Diperkirakan rumah korban kabakaran selesai pertengahan Ramadan ini,” tegasnya. 

Perlu diketahui, lanjut dia, musibah kebakaran diketahui oleh tatangga korban, Ahmad Mudor yang sedang berada di kandang kelinci miliknya yang persis bersebelahan dengan rumah korban. Ia tiba-tiba melihat api sudah menyala dari bagian tengah rumah korban sekira pukul 14.00 WIB, pada Jumat (1/4/2022).

Lalu, ia berusaha mencari bantuan warga sekitar rumah korban namun seketika api membesar dan membakar seluruh bagian rumah.

Pada waktu kejadian pemilik rumah sedang memberi makan ternak sapi di belakang rumah.

Mendapat laporan warga, Anggota Polsek Blado bersama Koramil,  Kecamatan dan PMI Blado langsung menuju ke TKP berupaya memadamkan api. Api akhirnya bisa dipadamkan pada pukul 15.00 WIB.

“Namun, rumah papan kayu beratap genting dengan ukuran 6 x 12 meter persegi itu terbakar habis rata dengan tanah,” ujar dia.

Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, kerugian dikatsir mencapai Rp75 juta. Adapun penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)