Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / KEMENAG BATANG: RUKYATUL HILAL DITITIK UJUNGNEGORO BATANG TIDAK TERLIHAT

Berita

Kemenag Batang: Rukyatul Hilal Dititik Ujungnegoro Batang Tidak Terlihat

Batang - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang melaporkan perhitungan astronomi terkait hilal awal Ramadan 1443 H. Hilal di Pantai Ujungnegoro belum terlihat.

Batang - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang melaporkan perhitungan astronomi terkait hilal awal Ramadan 1443 H. Hilal di Pantai Ujungnegoro belum terlihat.

“Saat ini kita sudah melaksanakan perintah negara dan agama dalam menentukan awal Ramadan,” kata Kepala Kemenag Kabupaten Batang M. Aqsho saat ditemui usai melakukan Rukyatul Hilal di Pantai Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jumat (1/4/2022).

Tadi kita sudah menyaksikan semua di titik Pantai Ujungnegoro pada waktu matahari terbenam pukul 17.45 WIB, kita tidak bisa atau belum melihat Hilal.

“Rincian data astronomi hisab awal Ramadan di Kabupaten Batang yaitu lokasi Pantai Ujungnegoro dengan keterangan tinggi Hilal sore ini terletak pada sudut 1,31 derajat, seharusnya Hilal terlihat terletak pada sudut 3 derajat, maka hasilnya tidak terlihat,” jelasnya.

Tentu hal ini kita akan melaporkan kepada Kementerian Agama Pusat sebagai bahan sidang isbat malam ini. Jika statusnya awal puasa kita tetap menunggu keputusan kementerian agama pusat, di tempat kita hanya melakukan Rukyatul Hilal.

Kabupaten Batang sendiri dipercaya sebagai salah satu titik sebagai bahan penentuan hilal dari 101 titik di seluruh Indonesia.

“Semoga masyarakat Kabupaten Batang akan masuknya bulan Ramadan ini, bisa benar-benar khusuk menjalankan ibadah di bulan suci ini,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)