Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / RAMADAN TAHUN INI SHAF SALAT KEMBALI NORMAL

Berita

Ramadan Tahun ini Shaf Salat Kembali Normal

Batang Ramadan tahun ini sepertinya akan menjadi bulan yang menggembirakan, karena masyarakat telah diizinkan menggelar salat tarawih dengan shaf yang kembali normal.

Batang Ramadan tahun ini sepertinya akan menjadi bulan yang menggembirakan, karena masyarakat telah diizinkan menggelar salat tarawih dengan shaf yang kembali normal.

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang M. Saefudin Zuhri menyampaikan, berdasarkan keputusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, pengaturan salat jamaah diharapkan untuk merapatkan shaf.

“Jamaah diminta untuk meluruskan dan merapatkan shaf sesuai sunah Rasul. Dan karena sudah ada keputusan resmi dari MUI, maka Masjid Agung maupun masjid lainnya sudah diizinkan menggelar salat secara  normal,” katanya saat dihubungi melalui WhattsApp, Jumat (1/4/2022).

Ia menegaskan, jamaah salat tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, untuk meminimalkan penyebaran Covid-19

“Masjid bisa kembali menampung jamaah dalam jumlah normal, tanpa ada pembatasan jumlah,” jelasnya.

Ia mengharapkan, seluruh jamaah berdoa setelah ada pelonggaran yang diizinkan pemerintah ini, Covid-19 segera hilang dari muka bumi ini. Terkait kegiatan selama bulan suci Ramadan, tetap diizinkan untuk digelar.

“Hanya saja untuk pengeras suara diatur lebih tertata. Contohnya saat tadarus tidak perlu sampai tengah malam yang menggunakan pengeras suara luar, tapi cukup pengeras suara dalam untuk menghormati saudara-saudara kita yang ingin beristirahat,” tegasnya.

Apabila seluruh masjid menggunakan pengeras suara luar, maka suara tadarus justru tidak dapat terdengar jelas.

“Jadi yang dengar yang ngaji di situ,” tuturnya.

Ia mengingatkan, bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadan, alangkah lebih baiknya belajar tentang rukun, syarat, sunah dan keutamaannya.

“Siapkan fisik dan mental kita. Perbanyak doa untuk bangsa, pemimpin, guru, orang tua dan diri sendiri, karena doa di bulan Ramadan adalah mustajab,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)