Home / Berita / Pemerintahan / PERINGATI HUT BATANG, PPRT GELAR ZIARAH KEBANGSAAN 313 UNTUK DOAKAN PARA LELUHUR

Berita

Peringati HUT Batang, PPRT Gelar Ziarah Kebangsaan 313 Untuk Doakan Para Leluhur

Batang - Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Batang Ke-56 Paguyuban Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) Batang menggelar Ziarah Kebangsaan 313 di Makam Astana Kadilangu, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (31/3/2022) malam.

Batang - Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Batang Ke-56 Paguyuban Pengurus Rukun Tetangga (PPRT) Batang menggelar Ziarah Kebangsaan 313 di Makam Astana Kadilangu, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Kamis (31/3/2022) malam.

Pendiri PPRT Kabupaten Batang Zainal Muttaqim mengatakan, ziarah kebangsaan ini untuk mendoakan para leluhur kita yang kebetulan bertepatan peringatan HUT Kabupaten Batang Ke-56.

“Ziarah Kebangsaan ini juga sebagai bentuk terima kasih kepada para leluhur yang telah mendirikan Kabupaten Batang. Hal ini sesuai perintah Rasullullah yaitu apabila seseorang tidak mensyukuri sesamanya, berarti belum mensyukuri nikmat Allah,” jelasnya.

Tujuan diadakannya ziarah ini agar anggota PPRT dapat mendoakan para leluhur yang telah berjuang mendirikan Kabupaten Batang khususnya Bupati Batang yang pernah menjabat.

Ia menambahkan, PPRT Kabupaten Batang  dibentuk sejak  7 Juli 2017  sehingga tahun ini usianya sudah 5 tahun.

“Arti angka 313 dalam kegiatan ini bukanlah saingan atau terusan dari kegiatan bertepatan hari penyelenggaraan ini dan yang sudah berlangsung di Indonesia belakangan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji menyampaikan, terima kasih semangat yang ditunjukkan anggota PPRT Kabupaten Batang dari 15 kecamatan dengan mengikuti Ziarah Kebangsaan yang hadir langsung atau yang secara virtual melalui Chanel Youtube Pemkab Batang.

“Ziarah kebangsaan ini untuk mengingat pengorbanan leluhur Kabupaten Batang secara administratif yang telah berusia 56 tahun. Tugas generasi penerus seperti kita harus melanjutkan perjuangan dan pembangunan melalui peran masing-masing,” tegasnya.

Peran RT, lanjut dia, sangat penting dan kiprahnya menjadi penyambung program pemerintah langsung ke masyarakat itu berpengaruh apalagi masa Pandemi Covid-19. RT yang langsung menangani selama dua tahun belakangan ini.

“PPRT berkontribusi besar, karena jika PPRT pada guyub rukun nantinya masyarakat juga mengikutinya, Pemerintah Kabupaten Batang tentu akan guyub rukun. PPRT Kabupaten Batang memiliki visi misi yang jelas yaitu memberi manfaat bagi masyarakat,” terangnya.

Apalagi tujuh tahun ke depan adanya Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, nanti akan ada 30.000 orang yang pasti datang ke Kabupaten Batang membuat pertumbuhan ekonomi meningkat.

Diharapkan, para RT ini bisa menginformasikan kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri jika mempunyai anak usia produktif untuk disekolahkan agar mempunyai kemampuan sesuai yang dibutuhkan nanti, sehingga tidak menjadi penonton saja. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)