Home / Berita / Sosial / LAPAS BATANG GELAR HARI BAKTI PEMASYARAKATAN KE-58 BERSAMA WBP

Berita

Lapas Batang Gelar Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58 Bersama WBP

Batang - Puluhan Mamah muda (Mahmud) padati halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Batang. Mamah muda itu sengaja datang untuk meramaikan rangkaian hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, mereka bergoyang mengikuti instruktur senam aerobik Lapas.

Batang - Puluhan Mamah muda (Mahmud) padati halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Batang. Mamah muda itu sengaja datang untuk meramaikan rangkaian hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58, mereka bergoyang mengikuti instruktur senam aerobik Lapas.

Kegiatan tersebut juga diramaikan dengan bazzar One Day One product hasil kreativitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Batang dan produk UMKM warga Kota Batang. 

“Beberapa hari yang lalu sudah ada perintah dari Direkrorat Jenderal Pemasyarakatan untuk menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan,” kata Kepala Lapas Batang Rindra Wardana, usai mengikuti kegiatan di Halaman Lapas Batang, Rabu (30/3/2022). 

Sebelumnya, Lapas Batang juga telah melakukan kegiatan donor darah dan hari ini melaksanakan pekan olahraga untuk WBP diantaranya lomba crossfit. 

“Kebetulan di Lapas Batang ada dua orang yang menjadi instruktur pelatihan fisik. Oleh karena itu kita mencoba memberian materi fisik yang sepatutnya kita lombakan untuk warga binaan dan petugas Lapas,” jelasnya. 

Tidak hanya warga binaan dan petugas saja yang mengikuti lomba-lomba crossfit, Kepala Lapas Batang Rindra Wardana juga ikut dalam tersebut. 

“Sebelum lomba crossfit, warga binaan kita coba latihan dulu, yang kebetulan saya dipercaya menjadi ketua Persatuan Angkat Besi Selurih Indonesia (PABSI)  Batang,” katanya 

Adapun peserta lomba crossfit diikuti empat orang warga binaan yang dibagi menjadi dua regu dan untuk petugas Lapas ada delapan regu. 

Rindra Wardana juga menambahkan,  bazzar One Day One produk hasil warga binaan Lapas sebagai upaya memasarkan produknya kepada masyarakat.

“Produk kami ada keset, pot dari serabut kelapa, kotak tisu, minatur kapal, mobil F1, telur asin, minuman kesehatan dan lainnya,” terangnya. 

Ia pun mengakui dalam pemasaran produknya masih banyak kekurangan dan belum dikenal masyarakat. Ini moment kami untuk mengenalkan prroduk warga binaan kepada masyarakat. Kita juga menggandeng selebgram dan influencer untuk ikut memasarkan produk kami,” tuturnya. 

Sementara itu, Tofik WBP Lapas Batang mengakui sangat terhibur dengan kegiatan pekan olah raga warga binaan. 

“Ya tadi saya sempat ikut lomba crossfit, Alhamdulilah saya mampu menyelesaikan. Karena saya hampir setiap hari mendapat latihan fisik dan angkat berat yang langsung dilatih Kepala Lapas  Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)