Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / DUA GENERASI QURANI BEBERKAN TIPS SUKSES JADI JUARA

Berita

Dua Generasi Qurani Beberkan Tips sukses Jadi Juara

Batang Kejuaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIX yang digelar beberapa lalu akhirnya menghasilkan bibit-bibit muda yang siap bertanding di tingkat Provinsi Jawa Tengah Mei mendatang.

Batang Kejuaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-XXIX yang digelar beberapa lalu akhirnya menghasilkan bibit-bibit muda yang siap bertanding di tingkat Provinsi Jawa Tengah Mei mendatang.

Kasi Binmas Kemenag Batang Shodiqin menyampaikan, MTQ mempertandingkan 13 cabang yang siap maju ke tingkat provinsi. Untuk juara umum diraih kembali oleh Kecamatan Warungasem dengan nilai keseluruhan 37.

Dua dari 26 juara MTQ membeberkan tips dan strategi untuk menjadi generasi qurani, hingga lolos menuju tingkat lebih tinggi,” katanya saat ditemui di Hotel Dewi Ratih, Selasa (29/3/2022).

Juara 1 Tahfiz Quran 30 Juz, Bambang Prihadi dari Desa Kembanglangit Blado mengatakan, menjadi juara MTQ merupakan sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri.

“Tidak menyangka bisa juara 1, Alhamdulillah bisa maju ke tingkat provinsi,” ungkapnya.

Beberapa persiapan sebelumnya telah dilakukan, antara lain diuji oleh ustaz di pondok pesantren.

“Pastinya akan ada latihan tambahan dengan porsi yang lebih maksimal, minimal seminggu,” jelasnya.

Ia menyambut positif dengan rencana diberikannya beasiswa kepada santri hafiz Quran, ke sejumlah perguruan tinggi ternama.

“Cita-cita saya Insyaallah ingin menjadi ulama. Dan Insyaallah ingin melanjutkan ke Universitas Madinah dengan mengambil jurusan Tafsir Alquran,” terangnya.

Sementara, Juara 1 Tilawah Dewasa Iza Nafia dari Kecamatan Batang, mengutarakan, untuk meraih yang terbaik, memang dibutuhkan perjuangan keras, ditambah lagi para pesaing yang kualitas tilawahnya patut diperhitungkan.

Ia juga membeberkan tips agar memiliki suara yang merdu, jika ingin menekuni tilawah Alquran.

“Buat adik-adikku harus rajin berlatih, belajar langsung dengan ustaz/ustazah dan jangan belajar lewat YouTube, karena tidak tahu apakah tajwidnya sudah benar atau belum. Agar nafas panjang rajinlah berolahraga khususnya lari dan renang, hindari makan pedas, gorengan dan minuman dingin,” tuturnya.

Ia menambahkan, ketika kondisi pita suara agak serak diupayakan untuk mengonsumsi makanan herbal.

“Saya kunyah langsung kencurnya sampai habis, jadi cepat jernih suaranya,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)