Home / Berita / Kesehatan / ANTISIPASI OMICRON, KAPASITAS RUANG ISOLASI DITAMBAH

Berita

Antisipasi Omicron, Kapasitas Ruang Isolasi Ditambah

Batang Ruma Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batang bersiap menghadapi andai kata terjadi lonjakan Omicron maka akan dilakukan penambahan kapasitas ruang isolasi dan peralatan penunjang yang siap digunakan.

Batang   Ruma Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batang bersiap menghadapi andai kata terjadi lonjakan Omicron maka akan dilakukan penambahan kapasitas ruang isolasi dan peralatan penunjang yang siap digunakan.

Kepala Bidang Pelayanan Penunjang Medis dan Non Medis RSUD Batang dr Feria Kurniawati  RSUD Kabupaten Batang mengatakan, ruang isolasi siap digunakan 24 jam. RSUD Kabupaten Batang berkomitmen konsisten dan siap menangani Covid-19 varian Omicron.

“Kami siap menangani pasien Covid-19 varian baru Omicron dengan alur pelayanan pasien masuk ke Instalasi Gawat Darurat (IGD), kemudian dilakukan sekrening apabila ada indikasi dilakukan rapid anti gen, jika hasilnya positif maka akan dipindahkan ke ruangan isolasi,” katanya, saat ditemui di RSUD Kabupaten Batang, Kamis (10/2/2022).

Ia menerangkan, ada ruang isolasi dibagi menjadi dua yakni satu ruangan dan ruangan cadangan. Kapasitas ruangan tersebut  meliputi 19 tempat tidur isolasi dan 2 icu disiapkan.

“Terkonfirmasi ruangan isolasi diisi oleh empat orang pasien, satu terkonfirmasi dan tiga orang menunggu hasil PCR yang berasal  dari kota Batang,” terangnya.

Sementara itu, Manajer Pelayanan Rumah Sakit Qolbu Insan Mulia (QIM) Batang dr. Maftuhah Nurbeti menambahkan, untuk Rumah Sakit QIM ruangan juga sudah siap digunakan, bahkan sedang proses penambahan ruangan guna mengantisipasi lonjakan.

“Untuk perlengkapan medis alat bantu pernafasan HNFC, ventilator oksigen dan oksigen konsentrat siap digunakan,” ungkapnya.

Sementara, lanjut dia, untuk Rumah Sakit QIM sempat merawat 2 pasien berdasarkan PCR.

“Dua pasien berdasarkan PCR yaitu 1 ibu melahirkan dan 1  pasien dengan keluhan demam, tapi sudah diizinkan pulang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Ridzky/Jumadi)