Home / Berita / Ekonomi / DISPERINDAGKOP BUKA SELEKSI SEWA KAWASAN UMKM BATANG TERAS PANDAWA

Berita

Disperindagkop Buka Seleksi Sewa Kawasan UMKM Batang Teras Pandawa

Batang - Setelah dua kali mengalami gagal lelang, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) kembali menggelar seleksi sewa pengelolaan untuk Bazar Bisnis Center (BBC).

Batang - Setelah dua kali mengalami gagal lelang, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) kembali menggelar seleksi sewa pengelolaan untuk Bazar Bisnis Center (BBC).

Kawasan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diberi nama  Batang Teras Pandawa (BTP) yang berada di samping Stadion GOR Indoor Abirawa Batang itu, digadang-gadang menjadi pusat UMKM bergaya modern.

“Untuk tahun pertama harga sewa kami patok sekitar Rp192 Juta. Dimana untuk ukuran luas total 6.889 meter persegi. Nantinya harga sewa ini sudah termasuk sewa bangunan dan juga peralatan,” kata Kepala Disperindagkop UKM Batang Subiyanto saat ditemui di Kantornya, Selasa (11/1/2022). 

BBC Batang sendiri memiliki beragam fasilitas. Seperti sarana area parkir yang mampu menampung 14 Mobil dan 31 Motor. Selain itu ada Loading Dock, Kantor Management, Game Zone VR, Area Stage/Panggung, 44 Booth PKL Basah, 2 Toilet, Area Pengunjung dan Ruang Panel. 

Harga sewa ini juga sudah termasuk sewa peralatan. Seperti Air Conditioner sebanyak 4 unit, Meja dan kursi 100 set, TV 32” sebanyak 2 unit, Perangkat Game Zone, Jaringan instalasi air bersih dan Jaringan instalasi listrik. 

“Untuk Booth PKL sendiri ada 2 tipe luasan. Yang pertama luas 6 meter persegi sejumlah 34 unit. Sedangkan yang kedua luasan 5 meter persegi sejumlah 10 unit,” jelasnya. 

Ia berharap, seleksi ini dapat memperoleh pihak ketiga yang mampu mengelola BBC. Sehingga dapat mewujudkankan Visi Misi Pemkab Batang dalam mendorong sektor ekonomi kreatif masyarakat. Terlebih letaknya yang strategis dimana nantinya akan turut diresmikan GOR Indoor Abirawa Batang. 

“Proses seleksi mulai digelar sejak 10-19 Januari mendatang. Kami harap nantinya pihak ketiga bisa bekerja sama secara kooperatif. Dan nantinya bisa bersama membangun ekonomi masyarakat Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)