Home / Berita / Pemerintahan / DENGAN PERESMIAN PSDKU UNDIP BATANG AKHIRNYA CITA-CITA MASYARAKAT TERWUJUD

Berita

Dengan Peresmian PSDKU UNDIP Batang Akhirnya Cita-Cita Masyarakat Terwujud

Batang Universitas Diponegoro (UNDIP) meresmikan kampus baru yang ada di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang untuk mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) UNDIP Batang di Halaman PSDKU UNDIP Batang, Rabu (1/12/2021).

Batang Universitas Diponegoro (UNDIP) meresmikan kampus baru yang ada di Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang untuk mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) UNDIP Batang di Halaman PSDKU UNDIP Batang, Rabu (1/12/2021).

Peresmian kampus itu dilakukan langsung oleh rektor Yos Johan Utama bersama Bupati Batang Wihaji beserta jajaran kampus UNDIP Semarang.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, peresmian ini merupakan cita-cita masyarakat Kabupaten Batang yang sejak dulu ingin ada kampus dan juga salah satu visi misi saya saat kampanye dulu untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Batang sekarang bisa terwujud.

“Adanya PSDKU UNDIP di Kabupaten Batang dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing terkait nantinya berdirinya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Pastinya disitu membutuhkan SDM yang mempunyai skill atau kemampuan.

Jadi masyarakat Kabupaten Batang dapat bersaing dengan orang-orang dari luar kota, sehingga jangan hanya menjadi penonton saja.

“Keberadaan PSDKU UNDIP juga akan memunculkan perputaran ekonomi. Contohnya, harga tanah di sekitar kawasan UNDIP saat ini sudah melejit dan banyak berdiri warung makan, kafe dan tempat kos,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UNDIP Semarang Yos Johan Utama mengatakan, PSDKU UNDIP Batang sebagai rule model dari PSDKU Pekalongan dan Rembang. Sampai waktu proses hibah itu kampus di Kabupaten Batang ini ditunggu sampai selesai semua proses perijinannya baru di Pekalongan mengikuti.

Kita siap menampung mahasiswa Kabupaten Batang yang kurang mampu agar bisa menempuh pendidikan di PSDKU UNDIP Batang. Karena kita juga menerima hampir 25 persen mahasiswa tidak mampu.

“Sampai ada mahasiswa yang berani daftar tapi takut tidak bisa membayar. Tapi sekarang tenang ada Bupati Batang sudah mempersiapkan beasiswa untuk mahasiswa yang benar-benar tidak mampu untuk kuliah dan bisa juga bilang ke UNDIP, karena selama saya jadi Rektor kalau ada mahasiswa tidak mampu saya bebaskan,” ungkapnya.

Gedung PSDKU UNDIP Batang ada  tiga jurusan yaitu D3 Perpajakan, D3 Kehumasan, dan S1 Agribisnis. Saat ini PSDKU kampus Batang memiliki 300 mahasiswa dan sudah meluluskan 80 mahasiswa. 

Diharapkan, PSDKU UNDIP Batang bisa meningkatkan perputaran ekonomi, paling tidak nanti ada kos, ada laundry dan sebagainya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)