Home / Berita / Pariwisata / JEMBATAN WATUBANGKONG SELESAI, AKSES JALAN BLADO-PAGILARAN SUDAH BISA DILEWATI

Berita

Jembatan Watubangkong Selesai, Akses Jalan Blado-Pagilaran Sudah Bisa Dilewati

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menyelesaikan pekerjaan fisik pembangunan Jembatan Watubangkong yang merupakan jalan penghubung Blado-Pagilaran.

Batang - Pemerintah Kabupaten  Batang menyelesaikan pekerjaan fisik pembangunan Jembatan Watubangkong yang merupakan jalan penghubung Blado-Pagilaran.

“Bahwa pekerjaan Jembatan Watubangkong sudah selesai 100 persen sesuai target yang ditentukan pada 29 Oktober 2021,” kata Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang Endro Suryono saat ditemui di Kantor DPUPR Kabupaten Batang, Senin (1/11/2021).

Dijelaskannya, pengerjaan jembatan yang dilakukan selama 150 hari kalender atau mulai pada tanggal 2 Juni sampai 29 Oktober 2021. Sekarang jembatan sudah bisa dilewati oleh masyarakat untuk menuju Wisata Kebun Teh Pagilaran.

“Jembatan yang menelan biaya sebesar Rp1,4 miliar ini kini dapat digunakan oleh kendaraan besar dengan beban maksimal 12 ton sesuai peruntukan jalan kelas 3. Meskipun begitu sebetulnya jembatan ini dapat dilalui kendaraan dengan 20 ton perkiraan saya,” jelasnya.

Pengerjaan jembatan Watubangkong dikerjakan oleh CV Subur Makmur asal Semarang yang memiliki desain mirip seperti Jembatan Tol Kalikangkung. Persamaan itu terdapat tiang melengkung dan jembatan dilengkapi dengan lampu warna warni. Ketinggian tiang melengkung sendiri kurang lebih 4 meter jadi kendaraan yang mempunyai tinggi itu bisa melalui jembatannya.

“Jembatan mempunyai lebar dari semula 3,5 meter menjadi 6 meter. Jadi bus pariwisata saya kira nantinya bisa melewati jembatan ini untuk menuju ke Wisata Kebun Teh Pagilaran,” terangnya.

Diharapkan, kedepan tinggal memperbaiki jembatan yang satunya di sisi timur Jembatan Watubangkong yang membutuhkan pelebaran, agar nantinya bisa dilewati kendaraan berat seperti Bus Pariwisata. Rencananya kita anggarkan pada tahun 2023 mendatang untuk pembangunan jembatannya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)