Home / Berita / Pembangunan / KESUKSESAN TMMD GERLANG BERKAT KERJA SELURUH PIHAK

Berita

Kesuksesan TMMD Gerlang Berkat Kerja Seluruh Pihak

Batang - Pembangunan infrastruktur Desa Gerlang terbilang sukses, karena proses pengerjaannya yang cepat, berkat kerja keras Satgas dan warga.

Batang - Pembangunan infrastruktur Desa Gerlang terbilang sukses, karena proses pengerjaannya yang cepat, berkat kerja keras Satgas dan warga.

Wakil Bupati Batang Suyono menyampaikan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 di Dukuh Wonopriyo Desa Gerlang sudah terlihat hasilnya, ini berkat kerjasama masyarakat bersama TNI, Polri sehingga bisa guyub rukun membangun jalan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Batang mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh TNI, Polri yang didukung sepenuhnya warga setempat,” katanya, saat meninjau lokasi TMMD di Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Kamis (7/10/2021).

Dalam kunjungannya Brigjen TNI Rimbo Karyono menerima paparan dari Dansatgas TMMD Letkol Arh Yan Eka Putra bertempat di Posko TMMD di Dukuh Wonopriyo Desa Gerlang.

Dansatgas Letkol Arh Yan Eka Putra mengatakan, jalan ini menghubungkan Dukuh Wonopriyo dengan Dukuh Gunungalang Desa Gerlang merupakan jalan alternatif menuju Dieng Kabupaten Wonosobo.

“Inilah karya anak bangsa yaitu TNI POLRI bekerja bersama rakyat. Apresiasi setinggi tingginya dengan program TMMD Reguler Ke-112 semoga jalan ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” ungkapnya.

Jalan ini akan kita rawat, bersama masyarakat. Bagi daerah-daerah terpencil masih membutuhkan uluran kita semua guna memajukan seluruh akses dan menuju perekonomian yang lebih baik.

“Kondisi masyarakat selama ini cukup aman dan kondusif walaupun sebelumnya telah terjadi konflik dengan masyarakat Batur Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2018 semoga kedepannya tidak ada konflik lagi,” terangnya.

Kondisi sosial, ideologi Pancasila sudah dipahami oleh masyarakat, kemudian situasi politik kondusif dan sampai dengan saat ini tidak ada gejolak yang menonjol. Kegiatan ekonomi berjalan dengan baik sebagian besar masyarakat Desa Gerlang bertopang pada sektor pertanian dan perdagangan khususnya kentang.

“Untuk Kegiatan fisik yang dikerjakan yakni Rabat Beton dengan panjang 1.004 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 sentimeter, talud panjang 197 meter, lebar atas 30 sentimeter dengan tinggi 3 meter dan pembuatan gorong-gorong plat beton 5 buah,” jelasnya.

Selain kegiatan fisik TMMD Reguler Ke-112 Batang kali ini juga terdapat sasaran nonfisik di antaranya : penyuluhan perkebunan, penyuluhan peternakan, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan antinarkoba, kesehatan, Vaksin Covid-19 dan ada sasaran tambahan seperti pekerjaan RTLH 7 unit, perbaikan pos kamling, pembuatan sanitasi dan cuci tangan jumlah 15 unit.

Sementara itu, Kapoksahli Pangdam IV/Dip Brigjen TNI Rimbo Karyono mengatakan bahwa semua wajib bersyukur karena kita masih bisa berkumpul di tempat ini, saya ucapkan terimakasih kepada Pak Dandim karena TMMD ini sudah dilaksanakan sesuai dengan program dan telah direncanakan bahkan sudah melebihi target dari yang di rencanakan.

“Itu semua juga tidak lepas dari antusias masyarakat yang mendukung penuh kegiatan TMMD ini,” tegasnya.

Sesuai dengan program bahwa TMMD itu dilaksanakan sebanyak tiga kali. Tujuannya agar daerah yang masyarakatnya jauh dari pusat pemerintahan atau daerah terpencil bisa didukung guna mempermudah transportasi dan meningkatkan perekonomian warga. Dengan harapan program TMMD yang sudah berjalan ini dapat menjangkau daerah-daerah yang tertinggal atau terisolir.

“Saya minta kepada warga, apa yang sudah kita bangun harus dijaga dan dirawat Dengan dibangunnya jalan ini, semoga akan memudahkan warga ke pusat pemerintahan atau sarana publik lainnya,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)