Home / Berita / Teknologi / TAZAKKA KEMBANGKAN AIST, SANTRI DIAJARKAN TRANSAKSI NONTUNAI

Berita

Tazakka Kembangkan AIST, Santri Diajarkan Transaksi Nontunai

Batang - Pondok Modern (PM) Tazakka mulai beradaptasi dengan modernisasi teknologi, yakni mengembangkan Academic Information System of Tazakka (AIST), untuk mengajarkan kepada para santri membiasakan diri bertransaksi secara nontunai.

Batang - Pondok Modern (PM) Tazakka mulai beradaptasi dengan modernisasi teknologi, yakni mengembangkan Academic Information System of Tazakka (AIST), untuk mengajarkan kepada para santri membiasakan diri bertransaksi secara nontunai.

Pimpinan PM Tazakka Ustaz Anang Rikza Mashadi mengatakan, para santri sudah beradaptasi terhadap perubahan zaman.

“Di sini alhamdulillah sudah cashless (sistem pembayaran tanpa uang tunai), semuanya pakai kartu Cashless Tazakka,” katanya, usai menunjukkan cara kerja teknologi AIST, di PM. Tazakka, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (18/9/2021).

Dijelakannya, aplikasi tersebut dirancang dan dikembangkan oleh tim teknologi informasi. Perlu diketahui, sistem AIST seluruh dibuat oleh para santri dan alumni yang berkompeten di bidangnya.

“Tidak ada kerja sama dengan pihak lain dalam pembuatan aplikasi. Ini murni dibuat santri dan alumni,” jelasnya.

Dalam aplikasi tersebut, terdapat beragam sistem informasi akademik, seperti nilai, rapor, absensi.

“Orang tua santri juga dimudahkan jika ingin mentransfer uang kepada anaknya, tidak perlu lagi ngasih uang cash, karena tidak berlaku uang tunai di sini,” terangnya.

Santri pun dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya jika ingin membeli makanan kecil, peralatan mandi dan lainnya, semua dilakukan pakai kartu Cashless Tazakka.

Ia memastikan, aplikasi buatan para santrinya itu tidak untuk dikomersilkan.

“Pondok-pondok lain sudah banyak memakai aplikasi kami dan saya wakafkan itu. Aplikasi ini berkat kerja sama orang banyak, jadi dibagikan saja, namanya wakaf sistem,” tuturnya.

Ia menambahkan, modernisasi merupakan bagian dari ajaran Islam. Bedakan antara modernisasi dengan westernisasi.

“Kalau westernisasi kebarat-beratan kita tolak, semua serba berpakaian terbuka dan pergaulan bebas, itu bukan modernisasi. Tapi kalau modernisasi itu sesuai dengan anjuran agama kita, harus maju, fisioner, beradaptasi dengan zaman,” tegasnya.

Salah satu santri, Fahri Ahmad mengutarakan, teknologi aplikasi buatan para santri dan alumni PM Tazakka memudahkan semua kegiatan.

“Alhamdulillah dengan adanya mesin ini para santri jadi lebih mudah dalam bertransaksi. Kalau dulu masih zamannya uang tunai, itu ribet misalnya kita punya uang besar kembaliannya susah, tapi dengan mesin ini nanti tinggal menunjukkan kartu Cashles Tazakka discan langsung selesai,” ungkapnya.

Keuntungan lain, lanjut dia, santri lebih mudah dalam berinfaq, wakaf dan melakukan transaksi lainnya.

“Kita bisa mengecek berapa saldo kita dan orang tua kita sudah mentransfer apa belum.  Kita juga bisa mentransfer ke teman apabila mempunyai kekurangan uang atau apapun,” ujar dia.

Ia lebih sering memanfaatkan aplikasi tersebut untuk berinfaq dan bersedekah. Selain itu juga untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di koperasi pelajar.

“Semoga Tazakka bisa lebih maju lagi, lebih mempermudah transaksi para santrinya,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)