Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI BATANG, MINTA ASN DUKUNG WARGA TERDAMPAK COVID-19 SERTA ISOMAN

Berita

Bupati Batang, Minta ASN Dukung Warga Terdampak Covid-19 Serta Isoman

Batang - Pandemi COVID-19 di Indonesia masuk pada gelombang dua, beberapa waktu lalu peningkatan kasus orang terpapar diberbagai daerah peningkatannya cukup signifikan termasuk di Kabupaten Batang, walaupun kondisi sekarang sudah mengalami penurunan kasus.

Batang - Pandemi COVID-19 di Indonesia masuk pada gelombang dua, beberapa waktu lalu peningkatan kasus orang terpapar diberbagai daerah peningkatannya cukup signifikan termasuk di Kabupaten Batang, walaupun kondisi sekarang sudah mengalami penurunan kasus.

Tidak sedikit warga Batang yang terpapar COVID-19 sampai berujung kematian, namun tidak sedikit pula yang berhasil sembuh.

Sebagai langkah antisipasi bertambahnya orang terinfeksi Virus Corona. Maka yang positif COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang  wajib menjalani Isolasi mandiri (Isoman)

Agar mereka yang Isoman tidak merasa dikucilkan karena sakitnya, Bupati Batang Wihaji mengintruksikan Gerakan Peduli Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemkab Batang sejak 2 bulan lalu.

“Gerakan Peduli ASN ini untuk memberikan support atau dukungan, karena warga Isoman jangan dijauhi agar mereka tidak merasa terkucilkan dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Bupati Batang Wihaji saat ditemui di Kantor Bupati Batang, Kabupaten Batang, Rabu (11/8/2021).

Orang yang terpapar dan sedang menjalani Isoman harus diberikan perhatian dan support penuh oleh semua pihak sehingga mereka bersemangat untuk lebih cepat sembuh.

“Selain itu kita ada Gerakan ASN Peduli, para abdi negara ini juga saya minta menjadi relawan penanggulangan COVID-19 di lingkungan rumahnya. Mereka wajib pantau perkembangan kesehatan tetangga yang menjalani isoman, bantu kebutuhan sambako dan sosialisaikan Protokol kesehatan (Prokes),” katanya.

Bahkan para Pejabat Eselon 2 dan 3 ditugaskan khusus untuk pembinaan dan pendampingan di wilayah per kecamatan, yang bertugas mendampingi camat dalam penanganan COVID-19.

Dijelaskannya, Dari Gerakan ASN Peduli telah disalurkan bantuan lebih dari 500 paket sembako berupa beras, minyak goreng, gula pasir, kecap, mie instan dan vitamin serta makanan ringan atau roti kering.

“Kita sudah salurkan di berbagai desa dan Kecamatan. Nilai bantuan mungkin tidak seberapa, namun ini wujud nyata kepedulian kita. Harapannya dengan bantuan sembako yang kami bagikan ini setidaknya bisa mengurangi beban warga yang menjalani Isoman,” katanya.

Ia juga meminta, agar jangan sampai terjadi warga yang menjalani Isoman kelaparan karena tidak ada makanan, apalagi sampai mati kelaparan.

“Pandemi COVID-19 harus diambil hikmahnya, karena menjadikan kita meningkatkan kepedulian terhadap tetangga rumah, orang yang kurang beruntung, dan terpenting kita harus terus mengingat dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Karena disituasi sulit ini, tak ada yang bisa memberikan pertolongan selain atas izin Allah SWT," ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)