Home / Berita / Kesehatan / PENTINGNYA VAKSINASI COVID-19 BAGI IBU HAMIL

Berita

Pentingnya Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang saat ini sedang mempersiapkan ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19, karena penting untuk menjaga kesehatan. Sebelumnya Dinkes melakukan pendataan terhadap ibu hamil yang telah dipetakan dan membutuhkan vaksinasi.

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang saat ini sedang mempersiapkan ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19, karena penting  untuk menjaga kesehatan. Sebelumnya Dinkes melakukan pendataan terhadap ibu hamil yang telah dipetakan dan membutuhkan vaksinasi.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Batang, dr. Utariyah Budiastuti menyampaikan, Dinkes telah mengirimkan data ibu hamil untuk divaksinasi di bulan Agustus.

“Ada 2.880 ibu hamil yang direncanakan mendapatkan vaksinasi dengan usia kehamilan 14 - 33 minggu. Kegiatan serupa juga akan dilakukan pada bulan September mendatang,” katanya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/8/2021).

Dijelaskannya, vaksinasi kepada ibu hamil dilakukan pada usia tersebut, karena dianggap usia kehamilan paling aman.

“Kalau tiga bulan pertama (12 minggu) adalah fase pembentukan janin, jadi di atas usia kehamilan tersebut merupakan paling aman untuk divaksinasi karena menghindari proses pembentukan organ-organ tubuh pada janin,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihak Dinkes sedang menyiapkan vaksin COVID-19 sesuai jumlah ibu hamil.

“Pemkab Batang menginginkan supaya ibu hamil terlindungi dari COVID-19, makanya salah satu usahanya dengan divaksin,” harapnya.

dr. Utari mengupayakan agar para ibu hamil bersedia untuk divaksinasi, dengan mengedukasi, melalui peran Puskesmas setempat.

“Kami akan terjunkan bidan-bidan untuk menyosialisasi pentingnya vaksinasi bagi ibu hamil. Mereka akan memberikan penjelasan, bahwa vaksinasi itu aman bagi ibu hamil,” ujar dia.

Sementara ini belum dapat memastikan waktu vaksinasinya, karena harus menunggu kiriman vaksin. (MC Batang, Jateng/Heri/jumadi)