Home / Berita / Pemerintahan / BUPATI BATANG TINJAU PEMBAGIAN BST DI DESA DONOREJO

Berita

Bupati Batang Tinjau Pembagian BST di Desa Donorejo

Batang - Bupati Batang Wihaji melakukan peninjauan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) pada saat penyerahan bantuan kepada warga penerima di Aula Desa Donorejo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Selasa (27/7/2021).

Batang - Bupati Batang Wihaji melakukan peninjauan pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) pada saat penyerahan bantuan kepada warga penerima di Aula Desa Donorejo, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Selasa (27/7/2021).

Hal ini dilakukan untuk mencegah munculnya klaster baru pada saat pembagian BST, akibat kurang kehati-hatian pada proses pembagian, baik yang dilakukan oleh warga ataupun petugasnya.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, hari ini bersama Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka dan Dandim 0736 Batang Letkol Arh. Yan Eka Putra melakukan peninjauan secara langsung proses penyaluran BST. Ternyata di lokasi masih ada beberapa hal yang menjadi catatan petugas penyelenggara.

“Hasil dari peninjauan ini, bahwa antara petugas pembagian BST dan warga duduknya saling berhadapan tapi tidak ada penyekat plastik transparan dan jaraknya sekitar satu meter jadi masih terlalu dekat. Dikhawatirkan rentan terjadinya penularan, sehingga ke depan ataupun di lokasi lain juga diharapkan ada penyekat plastik transparan,” jelasnya.

Proses pembagian BST, Lanjut dia, semua di Wilayah Kabupaten Batang disarankan kepada petugas dari kantor pos untuk memberikan penyekat plastik transparan. Sebagai antisipasi percikan saat berbicara yang kemungkinan muncul dari warga ataupun petugas.

“Selain itu, untuk bolpoin yang digunakan untuk tanda tangan hanya ada satu jadi setiap warga yang ingin menandatangani harap cuci tangan atau pakai handsanitizer dulu. Maka dari itu petugas juga harus mengingatkan untuk menggunakan handsanitizer sudah disediakan,” tegasnya.

Untuk beberapa aspek lainnya sudah memenuhi standar protokol kesehatan antara lain warga yang mencairkan BST sudah semua memakai masker dan tempat duduknya juga sudah diberi jarak satu meter.

“Dengan beberapa evaluasi hari ini, diharapkan tidak terjadi penularan COVID-19 saat kegiatan pembagian BST di setiap desa. Dan semoga bantuan yang diberikan bisa dipergunakan sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)