Home / Berita / Pemerintahan / ANGGARAN UNTUK INFRASTRUKTUR TAK KENA REFOKUSING

Berita

Anggaran untuk Infrastruktur Tak Kena Refokusing

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang tetap mengutamakan pembangunan infrastruktur, karena termasuk sarana pelayanan publik. Maka anggaran untuk menunjang kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pun tidak direfokusing di masa pandemi Covid-19.

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang tetap mengutamakan pembangunan infrastruktur, karena termasuk sarana pelayanan publik. Maka anggaran untuk menunjang kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pun tidak direfokusing di masa pandemi Covid-19.

“Yang kena refokusing hanya kegiatan-kegiatan kurang strategis dan bukan program prioritas. Insyaallah yang sifatnya infrastruktur tidak kena refokusing,” kata Bupati Batang Wihaji didampingi Dandim 0736/Batang Letkol Arh. Yan Eka Putra bersama jajaran Forkopimda, usai melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan jalan penghubung, pada TMMD Sengkuyung II di Desa Kalisalak Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, (15/6/2021).

Dijelaskannya, kegiatan tersebut nyata dan manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat setempat, karena ada sinergi antara Pemerintah Kabupaten Batang bersama Kodim 0736/Batang dan instansi terkait.

“Semangat yang diusung bukan hemat atau tidak, tapi ada dua hal yakni kerja bakti namun membutuhkan anggaran dari Pemda yang sudah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan warga setrmpat ikut dilibatkan,” jelasnya.

Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra mengatakan, TMMD merupakan wujud sinergi dengan Pemkab Batang dan masyarakat.

“Tujuannya supaya infrastruktur di desa ini manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat. Nantinya akan mempercepat akses jalan menuju balai desa,” ungkapnya.

Selain itu, Lanjut dia, akan membantu peningkatan perekonomian warga desa, karena akses menuju agrowisata menjadi lebih cepat dan mudah.

“Nanti kalau sudah jadi, jalan yang ditempuh warga dan wisatawan tidak perlu memutar arah, sehingga bermanfaat bagi masyarakat luas,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, instansi tekait juga memberikan bantuan, di antaranya Dinas Perkim Batang memberikan batuan rehap terhadap 3 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Dinsos Batang memberikan 10 paket sembako dan 1 unit kursi roda serta Kanntor Kemenag Batang memberikan bantuan sembako/beras.

“Selain itu, ada pula bantuan pemasangan instalasi listrik untuk 7 unit rumah oleh PLN dan akan terealisasi tahun 2022, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batang memberikan bantuan 2.000 bibit sengon serta Dislutkanak Batang memberikan 300 bibit ikan nila. Dan di bidang kesehatan, Dinas Kesehatan membantu sanitasi jamban 20 titik serta untuk menunjang kelancaran kegiatan DPUPR meminjamkan ekskavator selama dua hari,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)