Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / MASJID JAMI NURUTTAQWA SUBAH, MANFAATKAN TEKNOLOGI UNTUK PENGAJIAN

Berita

Masjid Jami Nuruttaqwa Subah, Manfaatkan Teknologi untuk Pengajian

Batang - Setelah libur lebaran, masjid/musala dan majlis taklim di berbagai pelosok nusantara kembali membuka program kajiannya. Tidak ketinggalan dengan Masjid Jami Nuruttaqwa di Desa Subah Kabupaten Batang.

Batang - Setelah libur lebaran, masjid/musala dan majlis taklim di berbagai pelosok nusantara  kembali membuka program kajiannya. Tidak ketinggalan dengan Masjid Jami Nuruttaqwa di Desa Subah Kabupaten Batang.

Berada di pusat keramaian, masjid  ini terus meningkatkan kualitas kajiannya. Tidak hanya peningkatan fisiknya, tapi juga upaya peningkatan program imarahnya dalam hal pengajian.

Ketua Takmir Masjid Jami Nuruttaqwa Subah KH Syamsudin mengatakan, Setelah lebaran 1442 H, Masjid Jami ini mulai membuka kembali beragam program kajian. Sebelum lebaran, program yang sudah berjalan rutin adalah kajian Alquran dan kitab (setiap bakda maghrib), dan kajian tematik (setiap ahad pahing).

Sedang paket khusus pengajian di bulan Ramadan 1442 H adalah sema’an Al Quran (sore  mulai dari jam. 16.30 sampai buka bersama), dan Kajian Tafsir Alquran dengan proyektor (setiap bakda subuh). Kajian Al Quran dengan proyektor ini smulai menjadi program baru rutin, setiap Ahad  bakda subuh dimulai Ahad.

Alhamdulillah respon jamaah bagus atas kajian Alquran dengan menggunakan proyektor selama Ramadan lalu.  Berdasarkan permintaan dari jamaah, Kami jadikan program pengajian baru di setiap ahad bakda subuh di waktu setelah lebaran ini,” kata KH Syamsudin saat ditemui di Masjid Jami Nuruttaqwa, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Selasa (25/5/2021).

Sayuti salah seorang penggerak Remaja Masjid, mengatakan, dirinya siap membuat video dan mengedit pengajian dari KH. Syamsusin agar bisa disebarluaskan kepada masyarakat.

Program kajian Alquran ini, diawali dengan tahsinul Quran oleh KH. Afif, yang ditirukan oleh jamaah dan dilanjutkan dengan pemaparan tafsir Alquran dan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Sementara Ketua Pokjaluh Batang Hj. Al Mukaromah, mengapresiasi kegiatan yang tetap mentaati protokol kesehatan ini.

“Kami ikut bangga, Masjid Jami Nuruttaqwa yang cantik bangunannya ini, juga masih bisa terus mempercantik kegiatan-kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga jamaah nya makin beragam baik tua maupun muda, pekerja dan ibu rumah tangga tetap sehat lahir dan batinnya. Amin,” harapnya.

Salah seorang jamaah, Hj. Kisworo mengungkapkan kehagiaannya atas dibukanya program baru ini.

“Banyak problem keagamaan yang bisa ditanyakan di sini, jadi  bertambah ilmu agama kami. Semoga semua mendapat ilmu manfaat dan barokahnya, Aamiin,” ungkapnya.

Masjid Nuruttaqwa sejak awal pandemi memang diakui masyarakat, sangat konsisten, patuh dengan program pemerintah untuk menaati protokol kesehatan, baik dalam pengajian, salat rawatib, salat ied maupun dalam kegiatan lainnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)