Home / Berita / Pemerintahan / PEMBANGUNAN ISLAMIC CENTER BATANG FINAL DI DUKUH PETAMANAN

Berita

Pembangunan Islamic Center Batang Final Di Dukuh Petamanan

Batang - Bupati Batang Wihaji menerima audiensi sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Tim Advokasi Keadilan untuk Eks Pangkalan Truk Petamanan di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (11/1/2021).

Batang - Bupati Batang Wihaji menerima audiensi sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Tim Advokasi Keadilan untuk Eks Pangkalan Truk Petamanan di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Senin (11/1/2021).

Audiensi dilakukan dalam upaya penolakan pembangunan gedung Islamic Center Batang yang berlokasi di Dukuh Petamanan.

Bupati Batang Wihaji menyampaikan, bahwa alih fungsi eks pangkalan truk untuk lokasi pembangunan Islamic Center Batang sudah final dan sesuai tahap penjadwalan akan dibangun dengan peraturan perundang-undangan.

“Semua proses sudah kita lalui dengan mendengar pendapat publik sesuai peraturan dengan adanya dasar hukum Surat Keputusan Bupati Tahun 2001. Saya bertanggung jawab penuh sebagai Kepala Daerah atas keputusan ini,” jelasnya.

Indonesia adalah negara hukum dan setiap warga negara berhak melakukan upaya hukum dan Pemerintah Kabupaten Batang sangat menghormati kebebasan hak Tim Advokasi Keadilan mengupayakan itu.

“Untuk sopir truk berdomisili di Kabupaten Batang Pemkab Batang sudah mencarikan titik-titik lokasi lain sebagai pangkalan truk baru dan warga yang terdampak yang kehilangan mata pencaharian akan kami carikan solusi,” tegasnya.

Insyaallah kami mencarikan jalan keluarnya warga yang terdampak di lokasi dukuh petamanan. Saya juga tidak pernah mengatakan menggusur warga disitu, karena tanah itu milik Pemkab Batang dasar hukumnya ada di Surat Keputusan Bupati Tahun 2001 sudah dijelaskan secara jelas.

Tim Advokasi Keadilan Frans salah satu mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang mengatakan, Pemkab Batang harus mendengar dan mengakomodasi permintaan dari masyarakat untuk memindahkan rencana lokasi pembangunan Islamic Center Batang ke lokasi lain.

“Bangunlah Islamic Center Batang sebagai kebutuhan masyarakat, tetapi jangan membangun di wilayah yang masih ada ruang hidupnya,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi