Home / Berita / Kesehatan / DINKES BATANG SIAPKAN PENANGANAN UNTUK PENYAKIT DBD

Berita

Dinkes Batang Siapkan Penanganan Untuk Penyakit DBD

Batang - Sebagian wilayah di tanah air Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan termasuk Kabupaten Batang. Pada musim penghujan ini perlu mewaspadai adanya penyakit Demam Berdarah Dengau (DBD) yang sering muncul.

Batang - Sebagian wilayah di tanah air Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan termasuk Kabupaten Batang. Pada musim penghujan ini perlu mewaspadai adanya  penyakit Demam Berdarah Dengau (DBD) yang sering muncul.

“Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang sudah melakukan upaya-upaya penanganan DBD dari awal Maret 2020, karena pada saat itu kasus DBD di Kabupaten Batang sudah banyak, lokasi yang terbanyak terkena DBD yaitu Kelurahan Sambong dan Proyonanggan Tengah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Muchlasin saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Senin (26/10/2020).

Ia menjelaskan, upaya yang ditangani untuk meredam DBD di Kabupaten Batang dengan melakukan  3M yaitu menguras air dipenampungan yang tergenang, menutup rapat tempat penampungan air, dan memberhentikan perkembangan jentik dengan cara mengaktifkan juru pemantau jentik dari Puskesmas setempat.

Upaya yang lainnya dengan cara fogging tapi saat ini cara ini kurang efektif, karena yang terbunuh hanya nyamuk dewasa saja sedangkan jentik nyamuknya tetap masih hidup. Fogging masih kita lakukan untuk  membangun mindset masyarakat jika sudah difogging menjadi aman.

“Jika ada masyarakat yang terkena DBD segera menghubungi desa. kemudian desa  akan melaporkan ke Puskesmas terdekat setelah itu baru laporan sampai ke Dinkes Kabupaten Batang, langsung kita tindaklanjuti dengan Penyelidikan Epidemiologi (PE),” terangnya.

PE dilakukan di Puskesmas  untuk mengetahui apakah yang terkena DBD gejalanya sama seperti panas, nanti baru kita lakukan penyuluhan dan juga fogging di wilayah itu. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)