Home / Berita / Kesehatan / DINKES BATANG BERIKAN PELAYANAN SWAB GRATIS

Berita

Dinkes Batang Berikan Pelayanan Swab Gratis

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memberikan kemudahan layanan tes swab gratis khusus bagi masyarakat Batang, untuk mengetahui kondisi kesehatannya di masa pandemi Covid-19.

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang memberikan kemudahan layanan tes swab gratis khusus bagi masyarakat Batang, untuk mengetahui kondisi kesehatannya di masa pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Batang, Yuli Suryandaru memaparkan, sebelumnya Dinkes telah melakukan tes swab terhadap keluarga yang salah satu anggotanya positif Covid-19.

“Mulai kamis pekan lalu kami sudah mulai memberikan pelayanan tes swab gratis kepada masyarakat Batang. Mereka cukup mendaftar dengan menyertakan fotocopy KTP dan  mengisi formulir pendaftaran,” katanya, saat ditemui di Kantor Dinkes Kabupaten Batang, Kamis (15/10/2020).

Lebih lanjut, dia menerangkan, tes swab gratis dilakukan setiap hari Kamis pukul 09.00-10.00 wib dengan target 50 orang. Bagi warga yang ingin mendaftar secara online dapat memanfaatkan laman http://bit.ly/dps19. Dapat pula menghubungi nomor 085 640 063 063.

“Minggu lalu sudah ada 45 orang dan hasil tesnya alhamdulillah negatif Covid-19,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini secara khusus diperuntukkan bagi warga Batang yang rentan memiliki penyakit tidak menular. Tapi secara umum masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Batang.

“Meskipun ada warga Batang yang memiliki kesehatan dan ingin mengikuti tes swab, kami persilakan,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu warga, Saian mengutarakan, dirinya mengikuti tes swab gratis karena untuk memenuhi persyaratan izin bepergian ke luar kota.

“Kebetulan momentumnya tepat, begitu mau pergi ke Kota Malang ada tes swab gratis. Ini sangat membantu karena beberapa waktu lalu teman saya melakukan tes swab biayanya mencapai Rp1 juta,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi kegiatan tersebut, terbukti dengan banyaknya warga Batang yang mengantre bahkan mendaftar sejak kemarin secara online. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)