Home / Berita / Sosial / KEPALA DISHUB : HARHUBNAS KE-57 DIHARAPKAN MAMPU MENGGUGAH KINERJA MENUJU TRANSPORTASI YANG AMAN DAN

Berita

Kepala Dishub : Harhubnas Ke-57 Diharapkan Mampu Menggugah Kinerja Menuju Transportasi yang Aman dan

Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-57, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Batang melaksanakan upacara yang dipimpin langsung Bupati Batang Wihaji yang bertindak sebagai Inspektur Upacara bertempat di Halaman Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, Senin (18/9).

Bupati Batang Wihaji dalam amanatnya menyampaikan bahwa Dinas Perhubungan yang bertugas melayani kebutuhan masyarakat dalam bidang transportasi tentu diharapkan bisa bekerja bersama baik dengan dinas terkait maupun dinas lain juga Pemerintah Pusat sehingga dapat berpengaruh positif bagi pembangunan di Kabupaten Batang.

Ditemui setelah pelaksanaan upacara di ruang kerjanya, Kepala Dishub Wahyu Budi Santoso mengatakan pada Harhubnas yang ke-57 ini kita upayakan untuk seluruh Insan Perhubungan dan Mitra Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan lainnya secara bersama-sama menggugah kembali indikator kerja kita adalah keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi adalah yang utama.

“Melalui Harhubnas ini kita upayakan di Kabupaten Batang agar seluruh unsur yang berkaitan dengan transportasi dapat menyatu kembali untuk meningkatkan kembali kinerja yang efektif dengan tetap mengutamakan pelayanan prima dan terselenggaranya transportasi yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat,” ucap Wahyu.

Berkaitan dengan transportasi online Wahyu menyatakan dalam menyikapi hal tersebut secara aturan transportasi online baik roda dua maupun roda empat sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan tentang awak angkatan tidak dalam trayek. Peraturan tersebut harus disikapi di daerah masing-masing apakah sudah siap menerima atau tidak, dan ternyata tanggapan dari para sopir angkutan umum belum mau menerima.

“Maka sebagai langkah tindaklanjut kami akan segera mengajak berdiskusi dan musyawarah bersama para sopir angkutan umum yang tergabung dalam Organda sudah siapkah menerima keberadaan transportasi online. Bagi para pengusaha transportasi online harus bisa mengerti dan memahami kondisi yang berkembang di Batang jangan memaksakan kehendak sehingga tidak akan timbul gejolak,” jelasnya.

Saat ini terjadi kelesuan transportasi lanjutnya, artinya minat dari penumpang semakin lama semakin menurun yang dimungkinkan karena banyak bermunculan kendaraan pribadi sehingga berdampak berkurangnya pengguna moda transportasi umum dan lebih memilih kendaraan pribadi.

“Dari pihak Dishub akan bekerjasama dengan Organda untuk memberikan pelayanan terbaik sehingga tercipta suasana aman dan nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan. Harapannya kami dari Dishub dan semua pengusaha transportasi memberikan pelayanan prima terhadap konsumen supaya semua diuntungkan sehingga terbangun sinergitas antara masyarakat, moda angkutan darat dan laut,” pungkasnya.

Selain itu Bupati Wihaji juga menyerahkan piala penghargaan sebagai wujud apresiasi kepada pengguna transportasi umum teladan. Ada 3 penghargaan yang diserahkan antara lain Juara I Kejuaraan Awak Angkutan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Provinsi Jawa Tengah Abdul May Samas dari Koperasi Kopata Barokah, Juara I Kejuaraan Awak Angkutan Umum Teladan (AKUT) Tingkat Kabupaten Batang Fauzan dari Koperasi Primakopkar PT. Primatexco Indonesia, Juara I Kejuaraan Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) Tingkat Kabupaten Batang Aditya Zidan Syauki dari SMA N 1 Batang dan Kejuaraan Bola Voly, Futsal, dan Tenis Meja untuk memeriahkan Harhubnas. (Heri/McBatang)