Home / Berita / Agama / HABIB ABBAS BAGIKAN STRATEGI MENGHAFAL HALAMAN JUZ AL-QUR'AN

Berita

Habib Abbas Bagikan Strategi Menghafal Halaman Juz Al-Qur'an

Batang - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam 1442 H, Rutan Batang menggelar pengajian bersama Habib Abbas bin Abubakar Al-Haddad dari Pekalongan di Masjid At-Taubah Rutan, Kabupaten Batang, Rabu (19/8/2020).

Batang - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 dan Tahun Baru Islam 1442 H, Rutan Batang menggelar pengajian bersama Habib Abbas bin Abubakar Al-Haddad dari Pekalongan di Masjid At-Taubah Rutan, Kabupaten Batang, Rabu (19/8/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang Nur Untung Slamet, hadir pula pejabat perwakilan dari Kodim, Polres dan Kementerian Agama Agama Kabupaten Batang.

Habib Abbas menceritakan sejarah awal mula penanggalan kalender hijriyah. Menurutnya kalender hijriyah di buat oleh Khalifah Umar ra. dan dimulai sejak hijrahnya Nabi Muhammad SAW. 

“Yang membuat kalender hijriyah adalah sayidina Umar ra dihitung dari hijrahnya Nabi SAW dari Mekkah ke Madinah,” jelasnya.

Dijelaskannya, berbagi tips menghafal halaman juz Al-Qur'an. Untuk mengetahui halaman awal juz dari mushaf madinah, dapat dicari dengan rumus : nomor juz - 1 x 2 + angka 2. Misal mencari halaman awal juz 16 berarti 16-1x2 = 30 + angka 2 = 302. Jadi awal juz 16 berada di halaman 302.

Para peserta pengajianpun dibuat kagum dengan metode Habib Abbas tersebut. Habib abbas mengaku mendapatkan metode tersebut langsung dari penulis mushaf di makkah. Habib Abbas juga berpesan untuk meninggalkan maksiat karena maksiat melemahkan otak, sehingga mengurangi kekuatan hafalan seseorang.

"Maksiat dapat melemahkan hafalan seseorang,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana menjelaskan, pihaknya telah memberi berbagai fasilitas kepada warga binaan (WBP) untuk beribadah dan mendalami agama. Salah satunya dengan adanya Pondok Pesantren (Ponpes) Darut Taubah. Menurutnya dengan adanya Ponpes Darut Taubah, WBP dapat memperdalam ilmu agama dan memperbaiki diri.

“Kami menyediakan sarana beribadah dan juga tempat belajar berupa Ponpes, diharapkan WBP semangat dalam memperbaiki diri dan belajar agama," tuturnya.

Ia berharap, tausiyah dari Habib Abbas bisa bermanfaat dan diresapi oleh jamaah yang hadir khususnya WBP.

Selesai memberi tausiyah, Habib Abbas dan rombongan berkesempatan mengunjungi blok santri Ponpes Darut Taubah. Habib juga berdialog dengan beberapa WBP santri. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)