Home / Berita / Kesehatan / KETAHUI KESEHATAN PESERTA DIDIK BARU DENGAN PENJARINGAN

Berita

Ketahui Kesehatan Peserta Didik Baru dengan Penjaringan

Batang - Puskesmas Batang II melaksanakan proses penjaringan yaitu pemeriksaan kesehatan gigi, tenggorokan, telinga dan mata rambut hingga status gizi kepada sejumlah peserta didik baru.

Batang - Puskesmas Batang II melaksanakan proses penjaringan yaitu pemeriksaan kesehatan gigi, tenggorokan, telinga dan mata rambut hingga status gizi kepada sejumlah peserta didik baru.

Tujuan dilakukannya penjaringan tersebut supaya mengetahui kondisi kesehatan anak sejak awal masuk tahun ajaran baru, sehingga ketika ada organ tubuh yang mengalami gangguan dapat diketahui sejak dini.

“Jadi kalau ada anak yang kondisi matanya tidak berfungsi secara maksimal pihak sekolah dan Puskesmas bisa mengambil langkah lebih lanjut, dengan program pembagian kacamata gratis,” kata Noviana, perawat dari Puskesmas Batang II, usai melakukan penjaringan di SD Negeri Karangasem IV Kabupaten Batang, Selasa (18/8/2020).

Ia menerangkan, apabila kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu lama, dikhawatirkan berpengaruh pada kesehatan dan prestasi anak di sekolah.

“Kalau telinga kurang bersih berdampak pada anak yang tidak bisa mendengarkan materi dengan baik, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak berjalan secara baik,” jelasnya.

Noviana juga mengingatkan agar para orang tua selalu mengarahkan putra-putrinya mematuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak aman saat berada di sekolah, sehingga meminimalkan penyebaran Covid-19.

Sementara, Plt. Kepala SDN Karangasem IV, Santoso mengatakan, kerja sama antara Puskesmas Batang II dengan pihak sekolah dirasa sangat tepat, karena ke depan berdampak positif bagi kesehatan anak.

“Kegiatan penjaringan yang dilakukan kepada peserta didik baru ini supaya anak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan lancar, tanpa gangguan kesehatan,” tuturnya.

Santoso menyambut baik rencana program pembagian kacamata gratis, terutama bagi siswa dari keluarga kurang mampu.

“Setelah nanti memakai kacamata anak dapat melihat dengan jelas dan berdampak positif pada prestasi yang meningkat,” harapnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)