Home / Berita / Ekonomi / HARGA AYAM POTONG TEMBUS RP42.000,00 PER KILO DI PASAR BATANG

Berita

Harga Ayam Potong Tembus Rp42.000,00 Per Kilo di Pasar Batang

Batang - Penjual ayam potong pasar tradisional Batang sangat lesu melihat harga daging ayam naik, akibat pengaruh naiknya harga ayam saat beli di kandang.

Batang - Penjual ayam potong pasar tradisional Batang sangat lesu melihat harga daging ayam naik, akibat pengaruh naiknya harga ayam saat beli di kandang.

“Penjualan ayam potong seminggu ini sangat sepi. Pembeli enggan membeli daging ayam karena harganya terus naik dari harga Rp38.000,00 sampai Rp42.000,00 per kilo.” Kata penjual ayam Uripah (42) saat ditemui di Pasar Batang, Rabu (8/7/2020).

Uripah menjelaskan, kenaikan harga daging ayam baru terjadi selama seminggu ini. Sebelumnya, harga daging ayam sebesar Rp30.000,00 sampai Rp35.000,00 per kilo.

“Selama berjualan daging ayam selama ini tidak pernah menjual ayam sampai harga Rp42.000,00 per kilo itu terjadi pada hari kemarin penyebabnya harga ayam hidup dari kandang sekilonya mencapai Rp23.000,00 sampai Rp25.000,00,” katanya.

Pembeli harga ayam menjadi menurun tadinya sehari daging ayam bisa habis 1 kwintal sekarang sehari hanya habis 70 kilogram daging ayam.

Sementara itu, Kepala Kordinator Pasar Batang Tutur Slamet mengatakan, harga daging ayam mengalami kenaikan karena pasokan dari distributor memang terhambat.

Penyebabnya adalah peternak ayam potong tidak berani pembibitan, karena pandemi Covid-19 ketika New Normal stock ayam kurang secara otomatis secara kebutuhan lebih banyak dibanding persediaan otomatis harga meningkat.

Terkait penanganan harga petugas pasar batang sudah ada namun posisi  stock ayam tidak mudah harus ada masa pembibitan di peternakan yang membutuhkan waktu 35 hari sehingga adapun diaadakan operasi pasar akan repot kasihan pedagang,” tuturnya.

Ia berharap, stock ayam minggu depan sudah normal jadi harga daging ayam bisa turun perlahan untuk pasar batang. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)