Home / Berita / Ekonomi / DISPERINDAGKOP DAN UKM BATANG SIAPKAN PROTOKOL KESEHATAN SAAT NEW NORMAL

Berita

Disperindagkop dan UKM Batang Siapkan Protokol Kesehatan Saat New Normal

Batang - Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang saat ini sedang mempersiapkan sarana penunjang, menjelang diberlakukannya tatanan kenormalan baru atau New Normal di lingkungan pasar tradisional maupun mini market.

Batang - Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang saat ini sedang mempersiapkan sarana penunjang, menjelang diberlakukannya tatanan kenormalan baru atau New Normal di lingkungan pasar tradisional maupun mini market.

Kepala Disperindagkop dan UKM Batang, Subiyanto mengemukakan, sebagai langkah persiapan, sejumlah pasar telah dipasang sarana prasarana pendukung protokol kesehatan agar masyarakat yang akan berbelanja terbebas dari pandemi Covid-19.

“Protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh pembeli maupun pedagang yaitu dengan selalu memakai masker, sebelum memasuki pasar mencuci tangan dan harus disemprot cairan antiseptik di bilik khusus agar semua virus mati,” kata Subiyanto saat dikonfirmasi di Kantor Disperindagkop dan UKM Kabupaten Batang, Kamis (11/6/2020).

Para pedagang, diminta tetap menerapkan protokol kesehatan, namun jika kondisi badan kurang sehat diharapkan untuk beristirahat.

“Sementara waktu tidak berdagang dulu sampai sembuh, karena kalau dipaksakan bisa mengurangi kenyamanan pedagang lain dan pembeli,” imbaunya.

Persiapan lain yang sedang dipercepat pengadaannya adalah bilik antiseptik yang akan dipasang di 4 pintu utama Pasar Induk Kota Batang. Selain itu, pihak Disperindag juga sedang menyiapkan Thermo Gun bagi pengunjung untuk mengukur suhu tubuh sebelum masuk pasar.

“Setelah dilakukan test swab beberapa waktu lalu, alhamdulillah semua pedagang di Pasar Induk Kota Batang negatif Covid-19,” imbuhnya.

Persiapan menuju New Normal juga telah disiapkan oleh Disperindagkop dan UKM di sejumlah mini market dengan memberikan tanda jarak aman antrean dan pemasangan kaca pembatas dengan konsumen.

Ia berharap, agar para pedagang dan pembeli mematuhi arahan dari Pemerintah agar dapat memutus mata rantai penularan Covid-19.

“New Normal bukan bebas melakukan segala sesuatu sekehendak hatinya, tetapi beraktivitas dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sementara, salah satu pembeli di Pasar Induk Kota Batang, Kunjanah mengatakan, penerapan protokol kesehatan dengan memasang pembatas antara pembeli dan penjual berdampak positif karena meminimalisasi penularan virus Corona.

“Saya tidak merasa terganggu dengan protokol kesehatan di Pasar Batang, malah sangat bagus, kalau dipasang pembatas pakai plastik, jadi pedagang dan pembelinya bisa jaga jarak,” katanya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)