Home / Berita / Pendidikan / DISDIKBUD BATANG SEGERA BUKA PPDB ONLINE

Berita

Disdikbud Batang Segera Buka PPDB Online

Batang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online melalui laman https://ppdb-siap.com.

Batang - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online melalui laman https://ppdb-siap.com.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan demi memininalisasi penyebaran pandemi Covid-19. Dan melaksanakan program unggulan dari Bupati Batang Wihaji yaitu Smart City, maka PPDB dibuka secara online.

“Pemerintah Daerah berupaya memberikan pelayanan maksimal. Melalui PPDB Online ini masyarakat bisa mengetahui secara transparan, dapat dipertanggungjawabkan dan tanpa diskriminasi serta adanya tuntutan perkembangan zaman melalui teknologi,” kata Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud, Sabar Mulyono usai membuka Sosialisasi PPDB Online, di Aula SMPN 1 Kabupaten Batang, Selasa (9/6/2020).

Beberapa jalur pendaftaran yang dapat ditempuh antara lain : zonasi 60%, afirmasi 15%, prestasi 20% dan perpindahan tugas orang tua 5%.

Persyaratan yang harus diunggah antara lain : foto calon peserta didik 3×4, pindaian Kartu Keluarga dan Surat Keterangan Lulus.

“Bagi warga kurang mampu menyiapkan Kartu Program Penanganan Keluarga Tidak Mampu dari Pemerintah seperti Jamkesda, Jamkesmas, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat. Sedangkan bagi pendaftar jalur prestasi wajib menyiapkan piagam kejuaraan tertinggi dan untuk jalur perpindahan wajib menyertakan Surat Keterangan Pindah Tugas Orang Tua,” terangnya.

Sabar menambahkan, untuk PPDB SD tidak mengalami kesulitan karena lingkupnya hanya tingkat desa. Namun untuk SMP mohon orang tua memahami prosedur pendaftaran.

“Kalau memang tidak bisa melakukan pendaftaran secara online, pihak sekolah melalui operator siap membantu mengunggah persyaratan. Di samping itu, orang tua harus memantau perkembangan jurnal, jika sudah tidak termasuk dalam jurnal segera mendaftar ke sekolah lain,” imbaunya.

PPDB SMP pendaftaran 22-26 Juni, pengumuman 27 Juni daftar ulang 29 Juni-4 Juli. PPDB SD pendaftaran 22-29 Juni, pengumuman 2 Juli dan daftar ulang 3-4 Juli.

Sementara, salah satu guru dari SMPN 1 Kandeman Adi Suprayitno, menyambut baik PPDB Online, karena akan mempermudah dalam proses seleksi di masa pandemi yang tidak diperbolehkannya berkerumun.

“Manfaatnya untuk sekolah data-data yang masuk akan diseleksi secara nyata menggunakan sistem. Tidak akan ada lagi orang yang masuk menggunakan selain sistem resmi, seperti zonasi, afirmasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua,” tuturnya.

Ia menerangkan, calon peserta didik dapat mendaftar di dua sekolahan yang sesuai kondisi. Misalnya di SMP “X” karena tidak masuk zonasi zona 1 maupun 2, bisa mendaftar ke SMP lain menggunakan zona 3. Namun bisa juga mendaftar menggunakan jalur prestasi yang lebih diinginkan. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)