Home / Berita / Kesehatan / CEGAH WABAH CORONA, WARGA DLIMAS LAKUKAN SEMPROT DISINFEKTAN MANDIRI

Berita

Cegah Wabah Corona, Warga Dlimas Lakukan Semprot Disinfektan Mandiri

Batang - Mencegah wabah pandemi Covid-19 sejumlah warga melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, di Desa Dlimas, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Minggu (29/3/2020).

Batang - Mencegah wabah pandemi Covid-19 sejumlah warga melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri, di Desa Dlimas, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Minggu (29/3/2020).

Tidak hanya penyemprotan, Pemerintah desa juga  membagikan brosur yang berisi tentang pencegahan penyebaran virus corona  kepada masyarakat, pemasangan  spanduk/pamflet di tempat-tempat strategis.

Kepala Desa Dlimas, Sukiswo menyampaikan, Aksi ini merupakan kegiatan yang ke tiga yang dilaksanakan secara  serentak di masing-masing RT. Selain Penyemprotan, kami juga melakukan sosialisasi menggunakan ambulan desa kepada warga, karena beberapa warga masih menyepelekan Covid-19.

"Kegiatan ini terselenggara karena ada sinergitas yang bagus antara Pemerintah desa dan warga, terutama anak-anak muda,” jelasnya.

Sementara, Koordinator aksi Mutrofin mengungkapkan, pencegahan wabah Corona menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya Pemerintah desa tapi juga oleh warga masyarakat.

"Diperlukan kesadaran bersama untuk mematuhi himbauan-himbauan dari Pemerintah pusat, Pemerintah daerah dan Pemerintah desa," tandasnya.

Kunci pencegahan, kesadaran terus berperilaku hidup sehat dan bersih, mencuci tangan menggunakan sabun setiap sesudah maupun setelah aktifitas.

"Khusus untuk warga perantau, kami mohon demi menjaga diri dan keluarga kita di kampung, sementara waktu mengikuti himbauan Pemerintah agar tidak pulang kampung. Jika terpaksa harus pulang kampung, mohon agar melaporkan kepada pihak desa agar ditindaklanjuti pemeriksaan dan pemantauan oleh dinas terkait,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu warga, Ramli menyampaikan, jika ada program yang nyata dari Pemerintah desa untuk mencegah penyebaran Corona ini kami bisa lebih tenang.

"Berita di televisi akhir-akhir ini, lebih dari 100 kasus baru setiap harinya terjadi di Indonesia, ini menjadi kekhawatiran kita, kalau tidak patuh himbauan Pemerintah," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)