Home / Berita / Pembangunan / PEMKAB BATANG NORMALISASI SUNGAI SEPANJANG 8 KM

Berita

Pemkab Batang Normalisasi Sungai Sepanjang 8 Km

Batang - Banjir yang melanda di musim penghujan diawal Tahun 2020 hingga sampai sekarang, wilayah Kota Batang sudah dua kali mengalami kebanjiran di 8 titik.

Batang - Banjir yang melanda di musim penghujan diawal Tahun 2020 hingga sampai sekarang, wilayah Kota Batang sudah dua kali mengalami kebanjiran di 8 titik.

Untuk meminimalisir banjir Bupati Batang Wihaji melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang melaksanakan normalisasi disejumlah daerah aliran sungai.

"Daerah aliran sungai sudah saya cek dari hulu sampai hilir, akar persoalan banjir sungainya terjadi sedimentasi dan ada bangunan-bangunan rumah diatas sungai. Sehingga alirannya terganggu." kata Wihaji saat meninjau normalisasi di Sungai Gabus, Kabupaten Batang, Kamis (5/3/2020).

Solusi meminimalisir banjir hanya bisa dilakukan normalisasi, maka diaharapkan Pemerintah Provinsi yang memiliki kewenangan segera normalisasi Sungai Gabus.

"Kalau untuk sungai Sambong Pemkab Batang, sudah mendapatkan angaran Rp100 miliar yang sudah masuk dalam Perpres rencana 2021 dikerjakan, tapi untuk Sungai Gabus belum tertangani," terangnya.

Ia juga mengatakan, Sungai Gabus penuh dengan tanaman enceng gondok, sehingga mengganggu aliran sungai. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat bisa bekerja bhakti dan Pemkab Batang siap support dan Pemprov bagian normalisasinya.

"Untuk pengerukan sebagai langkah darurat, pengerukan sedimentasi aliran Sungai Gabus sepanjang 5 km, untuk 3 km di mulai dari Sungai Desa Kalisalak sampai kantor BPJS Batang, jadi total pengerukan sedimentasi 8 km," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)