Home / Berita / Pariwisata / LIBUR TAHUN BARU WARGA BATANG DISUGUHI FESTIVAL DRAGON BOAT RACING

Berita

Libur Tahun Baru Warga Batang Disuguhi Festival Dragon Boat Racing

Batang - Sambut Tahun Baru 2020, masyarakat Kabupaten Batang disuguhkan dengan kompetisi Festival Dragon Boat Racing yang digelar di sepadan sungai Sambong, Desa Klidang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (31/12/2019).

Batang - Sambut Tahun Baru 2020, masyarakat Kabupaten Batang disuguhkan dengan kompetisi Festival Dragon Boat Racing yang digelar di sepadan sungai Sambong, Desa Klidang Wetan, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Senin (31/12/2019).

Festival perlombaan dayung yang masuk dalam kalender wisata diikuti 84 peserta dari Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan mendapat antusias masyarakat.

Penonton, mulai dari anak kecil hingga dewasa, berbondong-bondong menyaksikan perlombaan dayung ini. Penonton tampak memadati duduk di tepi sungai, tak sedikit pula yang menyaksikan dari jembatan.

Sementara puluhan tim dayung terlihat berlomba beradu kecepatan memperebutkan kejuaraan. Tak hanya dari Batang, peserta lomba dayung juga berasal dari Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan yang berlangsung selama dua hari yakni, tanggal 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Bupati Batang Wihaji mengatakan, festival lomba dayung tradisional atau Dragon Boat Racing sudah masuk dalam agenda Tahun kalender wisata, sehingga setiap tahunnya bisa digelar lebih meriah.

"Tentu ini bisa menjadi daya tarik wisata dari luar daerah, jadi semoga setiap tahunnya bisa digelar lebih meriah lagi," jelasnya.

Untuk menambah kemeriahan perlombaan dayung,  Bupati Batang memberi hadiah tambahan uang tunai Rp1,5 juta.

Dalam kesempatan tetsebut Wihaji menyarankan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan sungai. Karena masuk dalam kalender wisata Pemerintah pusat merencanakan anggatan pembangunan Sungai Sambong sebesar Rp100 juta.

"Pemerintah Kabupaten juga sudah mengusulkan Pembangunam Pelabuhan Ikan higinis dan direspon pemerintah pusat. Sehingga Tahun 2021 mendapatkan anggaran Rp50 juta," tambahnya

Ia berharap,  masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai karena itu tugas  kita bersama, jangan ada lagi  Buang Air Besar di (BAB) di sungai.

Sementara ketua panitia Dragon Boat Reacing Dana Khodolik menjelaskan, kegiatan lomba Dragon boat reacing sudah  ke empat kalinya dilaksanakan.

"Kali ini peserta lomba merebutkan hadiah sepeda motor untuk juara pertama, dan uang pembinaan," pungkasnya. (Humas Batang, Jateng/Edo)