Home / Berita / Kesehatan / DINKES BATANG PASTIKAN PEJABAT SEHAT DENGAN ROCKPORT

Berita

Dinkes Batang Pastikan Pejabat Sehat dengan Rockport

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang melakukan tes kebugaran dengan metode rockport atau lari sejauh 1,6 km kepada para pejabat eselon II dan III di halaman Kantor Bupati Kabupaten Batang, Jumat (22/11/2019).

Kepala Dinkes Kabupaten Batang, dr. Hidayah Basbeth mengemukakan, tes kebugaran ini diutamakan untuk pejabat eselon II dan III karena faktor kesibukan yang luar biasa, dimungkinkan tidak mempunyai waktu untuk berolahraga.

“Kalau di Dinkes sudah sering dilakukan tiap tiga bulan sekali. Tes ini juga sering dilakukan oleh calon jamaah haji, agar mereka mengetahui sampai di mana tingkat kebugaran tubuhnya sebelum menunaikan ibadah di Tanah Suci,” jelasnya.

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) juga akan dites kesehatan, terdiri dari pemeriksaan gula darah, kolesterol, denyut nadi dan tekanan darah.

“Pemeriksaan itu dilakukan sebelum dan sesudah rockport, baru setelah itu dilakukan tes laboratorium,” ujarnya.

Menurut dr. Basbeth, pejabat yang hasil tes kesehatannya tergolong cukup baik, masih dapat memperbaiki. Tetapi jika hasilnya kurang baik, mereka dianjurkan untuk lebih sering berolahraga dan makan makanan bergizi.

“Ke depan kegiatan ini akan diagendakan setiap tahun, dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Pemkab,” tuturnya.

Sementara Camat Wonotunggal Himawan menanggapi positif kegiatan tes kebugaran yang diselenggarakan Dinas Kesehatan, karena bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan para ASN.

“Sangat positif sekali untuk kebugaran, terutama yang mempunyai riwayat penyakit seperti hipertensi dan diabetes,” tuturnya. (MC Batang, Jateng/Heri)