Home / Berita / Kesehatan / GERAKAN EDUKASI AISUMAKI, CEGAH STUNTING SEJAK DINI

Berita

Gerakan Edukasi Aisumaki, Cegah Stunting Sejak Dini

Batang - Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kecamatan Batang, menggelar kegiatan Senam Anak Indonesia Suka Makan Ika (Aisumaki), untuk mencegah terjadinya stunting pada anak sejak masa pertumbuhan di lapangan Dracik Kampus Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang, Kamis (21/11/2019).

Ketua Himpaudi sekaligus ketua panitia penyelenggara, Titin menyampaikan, senam ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. 

“Gerakan edukasi Aisumaki diikuti seluruh Kelompok Bermain (KB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), se-Kecamatan Batang. Kegiatan ini diikuti 48 lembaga dan tiap lembaga diwakili 10 anak,” terangnya.

Ia mengatakan, senam Aisumaki digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan dan membiasakan anak-anak supaya gemar makan ikan. Kita tahu bahwa ikan itu sangat baik bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi pada mereka yang sedang dalam masa-masa pertumbuhan.

“Anak-anak sudah kami arahkan untuk membawa bekal menu dari rumah berupa nasi dengan lauk ikan. Jadi nanti kita ajak anak untuk makan ikan bersama,” katanya.

Titin menambahkan, anak-anak juga akan diedukasi agar mencintai buku, dengan kegiatan mendongeng.

“Kami juga menghadikan Mobil Pintar dan Motor Pintar dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska), yang telah menyiapkan ratusan buku cerita untuk anak,” tuturnya. 

Sementara, Sekretaris Kecamatan Batang Muhammad mengimbau melalui gerakan makan ikan bersama ini dapat menanamkan pada pikiran anak, bahwa mengkonsumsi ikan setiap hari baik untuk kecerdasan.

“Kalau banyak makan ikan, berarti banyak protein yang diserap dalam otak anak-anak kita. Mudah-mudahan dengan gemar banyak makan ikan, anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa semakin sehat dan cerdas,” tuturnya. (MC Batang, Jateng/Heri)