Home / Berita / Kesehatan / TEKAN RISIKO ANEMIA, PELAJAR DI BATANG DIMINTA KONSUMSI PIL CANTIK

Berita

Tekan Risiko Anemia, Pelajar di Batang Diminta Konsumsi Pil Cantik

Batang - Puskesmas mensosialisasikan pentingnya para siswi mengonsumsi pil tambah darah atau lebih dikenal dengan sebutan “pil cantik”, untuk meminimalisasi timbulnya resiko anemia atau kekurangan darah di mushola SMPN 8 Kabupaten Batang, Rabu (13/11/2019).

Pil cantik merupakan suplemen yang mengandung zat besi, untuk meningkatkan kadar Hemoglobin (HB) dalam darah. Manfaat lain dapat menanbah zat besi, jika belum tercukupi dari makanan yang telah dikonsumsi.

Petugas Gizi dari Puskesmas Batang I Vera mengemukakan, kebanyakan setelah dilakukan tanya jawab, para siswi mengutarakan ingin memiliki penampilan layaknya artis idola mereka, hingga mengurangi porsi menu makanannya.

“Karena anak-anak sekolah itu kan belum paham teori diet yang benar. Makanya saya menyarankan kalau bisa karena usia sekolah, ya jangan diet-diet dulu,” imbaunya.

Vera memaparkan, saat ini mereka masih membutuhkan energi untuk melakukan kegiatan belajar mengajar atau mengerjakan tugas. 

“Salah satu penyebab anemia itu karena mestruasi dan asupan makanannya tidak sehat, disebabkan mereka melakukan diet yang tidak benar. Melihat usia yang masih belia, saya rasa mereka belum butuh diet,” jelasnya.

Untuk mencegah anemia, Vera menganjurkan para siswi mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi berasal dari sayur-sayuran berwarna hijau, lauk pauk hewani dan kacang-kacangan.

“Cuma memang rata-rata ada yang nggak doyan sayur gitu. Memang lebih beresiko anemia kalau anak perempuan,” ungkapnya.

Sementara menurut guru Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Wiwik Septiani, pihak sekolah setiap bulan mengagendakan para siswi untuk rutin mengonsumsi pil tambah darah serentak. 

“Siswi kelas VII masih tergolong baru, jadi mereka belum mengerti manfaat mimum pil cantik. Sedangkan ada anak yang tidak mau meminumnya, dengan adanya sosialisasi ini, anak-anak sadar dan mau minum dengan sendirinya,” ujarnya. (MC Batang, Jateng/Heri)