Home / Berita / Kesehatan / PENTINGNYA PEREGANGAN OTOT DI TEMPAT KERJA

Berita

Pentingnya Peregangan Otot di Tempat Kerja

Batang - Peregangan adalah kegiatan melakukan gerakan-gerakan yang bertujuan melenturkan atau melemaskan kembali bagian-bagian tubuh yang kaku, yang banyak dilakukan adalah gerakan aktif dinamis sekitar tiga menit. Peregangan juga merupakan salah satu aktivitas fisik dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Hal ini disampaikan oleh salah satu perawat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batang II Sri Winarsih di Puskesmas Batang II Kabupaten Batang, Selasa (12/11/2019).

Ia menerangkan tujuannya agar beristirahat sejenak dari rutinitas kerja, karena dari pagi kita beraktifitas dengan duduk seperti pelayanan yang di depan komputer, sehingga dengan adanya senam peregangan ini kita otot menjadi tidak tegang.

“Dalam GERMAS, perubahan gaya hidup diharapkan dapat membuat semua pekerja menjadi sehat dan bugar sehingga menunjang produktivitas kerja. Peregangan menjadi sesuatu yang wajib dilakukan karena didapati banyak pekerja terutama pekerja kantoran yang bekerja dengan gerakan statis, duduk terlalu lama, dan bekerja dalam posisi yang tidak tepat,” jelasnya.

Senam peregangan juga dapat mencegah dari penyakit, lanjutnya, karena sekarang itu banyak bermacam-macam penyakit, seperti kencing manis, darah tinggi, stres. 

“Sehingga, dengan adanya peregangan ini kita dapat relaksasi, yang harapannya petugas dan pasien dapat sehat dan terhindar dari berbagai penyakit,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi)