Home / Berita / Sosial / JAMBORE DAN PENGUKUHAN BUNDA GENRE SIAPKAN GENERASI BERKUALITAS

Berita

Jambore dan Pengukuhan Bunda Genre Siapkan Generasi Berkualitas

Batang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar Jambore Forum Generasi Berencana (Genre), yang diikuti 75 peserta se-Kabupaten Batang untuk mennyiapkan generasi berkualitas di masa depan di Desa Wisata Pandansari Warungasem, Kabupaten Batang, Selasa (5/11/2019).

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Batang, Muchlasin mengemukakan, jambore ini  bertujuan membentuk remaja sebagai generasi berencana, yang mengenal diri sendiri dan mempersiapkan diri menjadi generasi bermutu tinggi.

“Di samping mereka tahu tentang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, sekaligus mengerti tentang hal-hal yang berpengaruh pada remaja,” terangnya.

Dalam jambore ini, lanjutnya, juga dijelaskan secara gamblang kepada para Genre tentang perencanaan usia untuk menikah, kapan akan mempunyai anak dan berapa jumlah anak yang akan dimiliki.

“Kegiatan ini menekankan agar generasi berencana terhindar dari penikahan dini, penyimpangan seksual yang bisa menyebabkan virus HIV/AIDS,” ungkapnya.

Kegiatan lain yang mendukung eksistensi Genre adalah dikukuhkannya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji, sebagai Bunda Genre.

“Tujuan supaya para generasi berencana tahu, kalau Ibu Wihaji sebagai istri Bupati Batang pun memiliki kepedulian tinggi dan mendukung program ini,” katanya.

Aksi nyata dari kegiatan ini, nantinya Kabupaten Batang akan menelurkan Duta Genre yang berbobot dalam menyampaikan visi misinya demi menghasilkan keluarga berkualitas dan sejahtera.

“Justru sekarang ini kami menunggu peran aktif mahasiswa untuk berpartisipasi menjadi Duta Genre. Sebab ketika mereka maju ke tingkat provinsi maupun nasional akan dinilai dari segi intelekstualitas hingga cara memaparkan materi dengan ilmu komunikasi yang munpuni, sehingga bisa bersaing dengan daerah-daerah lain dari seluruh nusantara,” tandasnya.

Sementara itu, usai dikukuhkan sebagai Bunda Genre, Uni Kuslantasi Wihaji mengimbau, agar komunitas Genre memiliki pola hidup yang terencana . Anak-anak akan diarahkan supaya dapat mensosialisasikan tentang pentingnya perencanaan hidup mulai saat menempuh pendidikan.

“Orang berhasil itu, salah satu kekuatannya berasal dari pendidikan yang berkualitas. Pendidikan semakin kuat, insya Allah keberhasilan semakin dekat,” tegas Uni Kuslantasi Wihaji.

Uni Kuslantasi menerangkan, sekarang ini generasi muda sudah hidup di zaman industri 4.0, maka mereka harus kuat dan mampu menyesuaikan dengan zamannya.

“Tantangan-tantangan anak muda sekarang ini makin berat dan kompleks, dengan adanya kemajuan teknologi. Maka kita kuatkan mulai dari remaja kekinian, terutama akan disosialisasikan di tingkat SMP dan SMA, yang rawan dengan pergaulan bebas serta penyalahgunaan narkoba,” tegasnya. (MC Batang, Jateng/Heri)