Home / Berita / Pembangunan / PUSLITBANG POLRI TELITI KELAYAKAN KENDARAAN PATROLI POLRES BATANG

Berita

Puslitbang Polri Teliti Kelayakan Kendaraan Patroli Polres Batang

Batang - Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 17 Tahun 2011 tentang Prosedur Penyelenggaraan Presentasi Demonstrasi dan Ujicoba (PDU) Material Fasilitas dan Jasa serta Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penelitian dan Pengembangan di lingkungan Polri, maka Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri mengadakan pemeriksaa terhadap kelayakan kendaraan Patroli yang digunakan anggota Kepolisian.

Penelitian dipimpin langsung oleh Kabid Rikwastu Puslitbang Polri, Kombes Pol Syamsudin Djanieb selaku ketua tim peneliti, di Rupatama Mapolres Batang, Selasa (29/10/2019).

“Maksud dari penelitian ini untuk mendeskripsikan data berdasarkan fakta yang ada, berdasarkan informasi terkait aspek kelayakan kendaraan patroli R4, yang berfungsi pada Lantas dan Sabhara,” tuturnya.

Kombes Pol Syamsudin menerangkan, hal ini untuk menganalisa, menyimpulkan dan memberikan rekomendasi dan rancangan standar persyaratan minimal kendaraan patroli R4 tersebut. 

“Sehingga dapat diketahui kondisi kelayakannya, dalam mendukung pelaksanaan tugas di lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kombes Pol Syamsudin memaparkan, tujuan penelitian ini, supaya dapat menganalisa kesesuaian spektek dan kelengkapan kendaraan patroli. Selain itu juga untuk membuat rancangan standar minimal requirment kendaraan patroli R4 Lantas dan Sabhara, dalam mendukung Harkamtibmas.

“Ada beberapa alasan dilakukannya penelitian, yaitu belum ada acuan tentang spektek Ranmor patroli R4 fungsi Lantas dan Sabhara, ketersediaan suku cadang untuk perawatan, belum dilaksanakannya transfer teknologi ranmor R4 patroli, kelengkapan kendaraan belum terstandarisasi,” paparnya.

Sementara Kapolres Batang AKBP Edi S. Sinulingga memberikan dukungan penuh terhadap penelitian kelayakan kendaraan patroli di lingkungan Polres Batang. 

“Ini perlu dilakukan demi memperlancar tugas aparat Kepolisian, khususnya Lantas dan Sabhara,” ungkapnya.

Kapolres mengharapkan, semoga dengan digelarnya penelitian ini oleh Puslitbang Polri, semua kendaraan patroli Polres Batang semakin prima dalam membantu kelancaran tugas anggota di lapangan. (MC Batang, Jateng/Heri)