Home / Berita / Kesehatan / AKUPRESUR JADI LAYANAN UNGGULAN POSBINDU GONDANG BATANG

Berita

Akupresur Jadi Layanan Unggulan Posbindu Gondang Batang

Batang - Untuk membangkitkan semangat warga, agar secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di Posbindu, Puskesmas Subah memberikan pelatihan kepada para kader berupa pijat akupresur dan perawatan kaki bagi penderita diabetes melitus di Posbindu Mugi Waras Desa Gondang, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Selasa (15/10/2019).

Kepala Puskesmas Subah, dr. Ida Susilaksmi, M.Kes menyampaikan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI, memberikan kesempatan yang seluas-luasnya pada masyarakat untuk mengembangkan, meningkatkan dan menggunakan pelayanan kesehatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya.

Diharapkan pelayanan kesehatan tradisional dapat diintegrasikan dengan pengobatan konvensional dan tidak saling merugikan untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. 

Dengan pelatihan akupresure oleh tenaga puskesmas terlatih kepada kader posbindu diharapkan masyarakat dapat menerapkan pengetahuannya ini untuk menjaga kesehatan secara mandiri.

dr. Ida menjelaskan, akupresur dapat digunakan untuk menangani penyakit-penyakit ringan seperti nyeri kepala atau pusing dan mual.

“Setelah dilatih, mereka bisa melakukannya secara mandiri di rumah, sehingga dapat mengurangi penggunaan obat-obatan berbahan kimia,” terangnya.

dr. Ida menambahkan, selain di Desa Gondang, Posbindu Plus juga akan dikembangkan di Posbindu pada wilayah kerja Puskesmas Subah lainnya. 

Sementara menurut Petugas Kesehatan Tradisional, Pisro, pijat akupresur bermanfaat untuk mendorong energi supaya melancarkan sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh.

“Ada beberapa titik syaraf yang lazim seperti ubun-ubun kepala, belakang telinga, pundak, antara jempol dan jari telunjuk dan bawah lutut yang bisa dijadikan media untuk mengurangi rasa sakit saat kepala pusing, perut mual, pegal linu dan memperlancar peredaran darah,” jelasnya.

Ia memastikan pijat akupresur ini tidak akan menimbulkan efek samping apapun. 

Dalam kesempatan yang sama, Camat Subah, Wahyoe Setyo Oetomo mengharapkan, layanan Posbindu Plus dapat berkembang di desa-desa lain di Subah, supaya kesehatan masyarakat semakin meningkat. 

“Kegiatan seperti merupakan wujud kepedulian aktif dari masyarakat, bidan dan kader  sehingga menumbuhkan kerja sama yang bersinergi antara Pemerintah Desa, masyarakat, Puskesmas, Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah,” tegasnya.

Camat Subah juga menekankan kepada semua kepala desa, untuk memasukkan program pembangunan di tahun 2020, tidak hanya berfokus pada fisik saja, tetapi dikembangkan dalam program-program lain.

“Program bisa dikembangkan dalam bidang kesehatan yang lebih diutamakan pada pengurangan stunting dan pembuatan jamban sehat yang sesuai standar, untuk membangun Indonesia Sehat 2025,” katanya. (MC Batang, Jateng/Heri)