Home / Berita / IKM UKM UMKM / USAI PELATIHAN, MASYARAKAT BATANG SIAP KERJA

Berita

Usai Pelatihan, Masyarakat Batang Siap Kerja

Batang - Setelah ditempa teori dan praktik pelatihan keterampilan menjahit, operator komputer dan tata rias pengantin selama 13 hari, diharapkan para peserta dapat menunjukkan hasil karya yang memuaskan saat memasuki dunia kerja maupun bisnis.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), Tulyono saat menutup Kegiatan Pelatihan Keterampilan Masyarakat di Lingkungan Industri Hasil Tembakau atau Daerah Penghasil Bahan Baku Industri Hasil Tembakau di Aula Disnaker Kabupaten Batang, Rabu (3/7/2019).

“Ilmu yang telah didapat dilengkapi dengan sertifikat yang diperoleh, jadi ketika melangkah sudah tidak memiliki keraguan lagi, karena bisa digunakan sebagai dasar untuk bekerja,” tuturnya.

Ia mengatakan, yang sudah memperoleh ilmu tata rias pengantin dan menjahit, bisa langsung diterapkan untuk membuka salon rias pengantin dan menjahit baju pengantin, terlebih saat ini banyak masyarakat yang menggelar pesta pernikahan, insya Allah panen rejeki.

“Saat ini hampir semua kegiatan menggunakan media komputer untuk mempercepat proses pekerjaan di perusahaan atau instansi pemerintah. Maka untuk mempertajam kemampuan, harus lebih instensif lagi melakukan praktik,” terangnya.

Tulyono menyarankan, lulusan dari Balai Latihan Kerja, harus terus melakukan usaha, mengasah kemampuan dan mencari peluang-peluang baru yang menjanjikan, dengan mengikuti perkembangan zaman yang sedang digandrungi masyarakat.

Salah seorang lulusan pelatihan keterampilan kerja bidang operator komputer, Arfiyanto mengutarakan, materi dan praktik yang diperoleh sangat membantu saat nanti terjun ke bidang akuntansi, karena menggunakan teknologi komputer.

“Makanya saya sangat berminat mengembangkan pengetahuan di bidang operator komputer, terutama excel yang bisa mempercepat proses penghitungan,” jelasnya.

Menurutnya, selama mengkuti pelatihan banyak ilmu yang diketahui lalu dikembangkan lagi. Setelah selesai pelatihan, kami juga didampingi dan disiapkan pasar atau konsumen yang siap menerima. (MC Batang, Jateng/Heri)