Home / Berita / Ekonomi / TAMBAH POPULASI IKAN DI PERAIRAN UMUM DENGAN TEBAR BENIH

Berita

Tambah Populasi Ikan di Perairan Umum Dengan Tebar Benih

Batang - Untuk menambah jumlah populasi ikan di perairan umum, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, melakukan tebar puluhan ribu benih ikan di Wisata Curug Genting, Desa Bawang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Selasa (2/7/2019).

Kepala Bidang Perikanan dan Budidaya Dislutkanak Kabupaten Batang Marwati, mengatakan penebaran benih ikan di Kabupaten Batang bukan hanya di Desa Bawang saja, tapi juga di beberapa Kecamatan dan Desa lainnya.

“Penebaran benih ikan juga dilakukan di 10 kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Gringsing, Banyuputih, Limpung, Subah, Tulis, Warungasem, Reban, Blado, Bawang, dan Tersono,” jelasnya.

Ia menyampaikan kegiatan ini sudah dilakukan untuk ketiga kalinya, dan di tahun 2019 Kabupaten Batang mendapat bantuan sebanyak 905 ribu ekor benih ikan jenis nila merah dan nilem. 

“Untuk di Desa Bawang, kita menebar 25 ribu bibit ikan jenis nila merah dan 30 ribu ikan jenis nilem dengan total 55 ribu benih ikan,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pengawasan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Vita, mengatakan penebaran benih yang dilakukan di perairan umum, merupakan kegiatan rutin dari provinsi untuk seluruh kabupaten di Jateng termasuk Batang.

“Diharapkan saat ikan-ikan ini sudah besar, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk dikonsumsi sehari-hari, namun dengan alat tangkap yang diperbolehkan, seperti pancing agar populasi ikan di sungai tetap terjaga,” pintanya.

Sementara, Kepala Desa yang diwakili oleh Perangkat Desa Bawang Bagus, mengatakan sangat mendukung dan mendorong program seperti ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Harapannya semoga dengan program ini bisa menambah dan melestarikan spesies ikan yang ada di Curug Genting,” harapnya. (MC Batang, Jateng/Ardhy)