Home / Berita / Pemerintahan / TINGKATKAN MUTU KEARSIPAN, DISPERPUSKA BATANG GELAR BIMTEK

Berita

Tingkatkan Mutu Kearsipan, Disperpuska Batang Gelar Bimtek

Batang - Dalam rangka meningkatkan mutu kearsipan, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpuska) Kabupaten Batang, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Otomasi Kearsipan di Aula Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batang, Selasa (2/7/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin, mengatakan bahwa arsip merupakan rekaman kegiatan dalam berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat penyimpanan data.

“Pengelolaan yang benar bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengelola arsip dalam rangka pentingnya arsipasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Batang,” terangnya.

Banyak kerugian yang timbul akibat kurangnya perhatian terhadap kearsipan, lanjutnya, seperti hilangnya arsip-arsip pelaksanaan anggaran pemerintah, arsip pembebasan lahan untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat, bahkan hilangnya catatan sejarah. 

“Harapannya kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara terstruktur, terprogram, dan terpadu yang akan memberikan kesadaran tentang pentingnya kearsipan,” ujarnya.

Dijelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 43/2009 tentang kearsipan mengamanatkan bahwa arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa, serta sebagai memori, acuan dan bahan pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga harus dikelola dan diselamatkan oleh negara. (MC Batang, Jateng/Roza).