Home / Berita / Teknologi / LESBUMI GALI POTENSI SINEAS MUDA

Berita

Lesbumi Gali Potensi Sineas Muda

Batang - Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Kabupaten Batang, menggali potensi sineas muda Kabupaten Batang melalui lomba Anugerah Lesbumi Movie Competition 2019.

Bertemakan cinta tanah air dalam bingkai kearifan lokal di Kabupaten Batang, puluhan anak muda saling bersaing melalui karya filmnya.  Lomba yang digelar mulai Februari 2019 ini, telah melahirkan masing-masing pemenang. 

Diantaranya Juara terbaik 1 judul film "Mengenang Tempo Dulu di Minggon Jatinan karya Muhammad Ikmalul Amam, terbaik 2 "Kliwonan" karya Efrianda, juara terbaik 3 film "Siapa Lagi?" karya Variasi Film.

Kemudian Juara Harapan 1 judul "Lestari" karya predator Movie. Juara Harapan 2 "Hubbul Wathan" karya Middlelow short movie dan " juara harapan 3, "Galangan Kapal" karya Selfi. 

Pemberian Hadiah diberikan langsung oleh Ketua Lesbumi PCNU Batang, Ahmad Zaenuri didampingi Ketua LTN NU, Jabir Al-Faruqi, hadiah berupa piagam penghargaan, plakat, dan uang pembinaan, di Rumah Makan Gayeng Proyonanggan Selatan Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Minggu (5/5/2019).

Ketua Lesbumi PCNU Batang, Ahmad Zaenuri mengatakan tujuan dari dilaksanakan lomba ini dalam rangka memperingati Harlah NU ke 93 dan HUT Batang ke 53. Sekaligus upaya Lesbumi dalam berkontribusi ke daerah dengan cara mengenalkan Kabupaten Batang kepada masyarakat luas melalui film. 

"Kami ingin anak muda Batang merekam sisi lain potensi dan kearifan lokal di daerahnya yang patut dikembangkan melalui film yang berkualitas," katanya. 

Dikatakan Zaenuri, antusias peserta sudah cukup bagus, ini tampak dari panitia yang menerima 19 karya film. Puluhan film tersebut kemudian diseleksi dengan kriteria seperti kesesuaian tema, teknik pengambilan gambar atau teknik kamera, editing dan orisinalitas karya. 

"Saya sangat berharap di Batang sering digelar lomba film agar para sineas muda Batang lebih banyak kesempatan untuk menguji kemampuannya," terangnya. 

Ketua LTN NU Batang, Jabir menambahkan kepada para peserta yang belum menjadi juara agar tidak lekas menyerah. Sebaliknya menjadi pemicu semangat dalam berkarya lebih baik lagi. 

"Masih banyak kesempatan, teruslah berkarya khususnya kepada para pemuda NU untuk terus mengembangkan diri dalam kegiatan positif," tutupnya. (MC Batang, Jateng/Iwan)