Home / Berita / Pembangunan / PEMERINTAH UPAYAKAN TOL PEMALANG-BATANG DAN TOL BATANG-SEMARANG BISA DILALUI

Berita

Pemerintah Upayakan Tol Pemalang-Batang dan Tol Batang-Semarang Bisa Dilalui

Pemerintah mengupayakan jalan Tol Jakarta hingga Semarang sudah bisa dilalui pemudik pada Lebaran tahun ini, hal tersebut di sampaikan Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono saat melakukan kunjungan kerja melihat Progres Jalan Tol Pemalang – Batang dan Batang - Semaraang Rabu, 3/5 di Batang.

“Progresnya sangat menggembirakan kita berdoa saja supaya cuaca betul – betul bersahabat, karena hambataanya di cuaca kalau masalah teknis kontruksi tidak ada soal begitu cuaca bagus kerja dan sudah saya perintahkan kepada temen – temen PPK ( Pejabat Pembuat Komitmen ) kalau perlu jangan dua, tiga sif tapi juga di lembur” Jelas Sri Puryono.

Disampaikan juga permasalahaan pembebasan tanah yang masih menghambat pembangunan jalan tol baik tanah wakaf maupun tanah kas desa kita sudah akan meyelesaikan dengan regulasi. “permasalahaan tanah juga ada progres yang bagus karena ada regulasi yang sudah bisa diturunkan ke daerah yang tentunya tidak harus bertele – tele, apalagi tanah kas desa itukan dari pemerintah ke pemerintah” Jelasnya.

Untuk permasalahaan tanah milik masyrakat sebenarnya tidak ada masalah karena sudah ada kesepakatan harga melalui apresal“, permasalahan pembebasan tanah ada beberapa tanah masyarakat yang ada di Kabupaten Batang yang susadh kongsinyasi ada 26 bidang dan 10 sudah bidang sudah selesai dan mudah – mudahan akhir sampai bulan Mei jalan secara fungsional sudah bisa di lalui“ Jelas Sri Puryono.

Disampaikan juga oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono yang mengatakaan di Jawa Tengah memang ada beberapa permasalahan lahan yang belum selesai terkait dengan tanah Kas Desa. “di masing – masing kabupaten berbeda – beda seperti di Kabupaten Batang tanah kas desa ada empat bidang, tanah wakaf ada kurang lebih ada empat bidang kemudian ada tanah masyrakat ada 26 bidang, tapi semua sudah ada progres dan pokoknya 31 Mei harus sudah dilintasi khusus Batang sampai Kandeman” Kata Sri Puryono.

Untuk tempat peristirahaan atau rest area di jalaan tol dari Pemaalang Batang sudah di persiapkan dua tempat, karena kita tidak ingin lebih dari 15 KM tidak ada rest area, “ kami juga akan menyiapakan secara paralel seperti Pertamina dan menyediakan jeriken pertamak di pos – pos, PDAM dan tim kesehatan, untuk tahun ini kita lebih siap” Kata sri Puyono.

Pimpinan Proyek Batang – Pemalanang Tri Mulyo mengatakan Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Kesiapan Fungsional Lebaran 2017 di Polres Batang tanggal 02 Mei 2017 disepakati untuk setiap kabupaten yang dilewati ruas tol Pemalang Batang, Jalan yang dijinkan untuk akses timbunan harus sudah ada perbaikan.

Jalan-jalan desa yang belum ada Bax culvert (sebidang) ditutup rambu pagar panel dan lalu lintas dialihkan ke Box Culvert terdekat dengan kesepakatan Desa yang dilengkapi dengan rambu, Rekayasa lalu lintas harus melibatkan K3 dari Kontraktor Dishub dan Polantas Perambuan sementara di desain dengan panduan Dishub dan Polanta Kesehatan dan Penyiapan Rest Area sementara dengan Polres Dishub, PDAM, PIN, Dinas Pihak Swasta/Sponsor Fungsional segera dipasang pagar, Tempat umum diluar Rest Area sementara yang telah ditentukan untuk keliling agar pemudik tidak berhenti.

“Rest area sementara Pemalang – Batang kita sudah siapkan dua tempat untuk di Kabupaten Batang berada di Desa Candi areng dengan luas 5 hektar” Jelasnya.

Tim Reportase :
Rilis : Edo Solihun
Editor : M.Maghfurin